Pola Pikir Konsumen Dalam Membeli Produk

 4 Pertimbangan Konsumen Sebelum Membeli Produk Baru



Memperkenalkan produk baru ke kalangan masyarakat luas, memang bukan pekerjaan gampang bagi pelaku usaha. Dibutuhkan tahapan atau proses yang tak sebentar.
   

pemasaran produk baruMemperkenalkan produk baru ke kalangan masyarakat luas, memang bukan pekerjaan gampang bagi sebagian pelaku usaha. Dibutuhkan tahapan atau proses yang tak sebentar hingga akhirnya produk baru tersebut bisa dikenal dan diterima dengan baik oleh kalangan masyarakat luas.

Sedikitnya ada empat proses tahapan yang dialami para konsumen sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan pembelian produk baru.

Yang pertama adalah tahapan awareness. Pada tahapan ini calon konsumen mulai menaruh perhatian terhadap produk baru yang Anda pasarkan, namun dalam tahapan ini mereka masih belum begitu mengenal dan memiliki sedikit informasi mengenai produk baru yang Anda pasarkan. Karenanya sebagai pelaku bisnis,tugas utama Anda adalah menyebarluaskan informasi produk tersebut kepada target pasar yang dibidik agar calon konsumen yang berada dalam tahapan awareness ini dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk Anda.

Kedua adalah tahapan interest. Ketika memasuki tahapan ini, biasanya konsumen mulai tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai produk baru yang Anda pasarkan. Oleh sebab itu, tugas berikutnya yang perlu dijalankan para pelaku pasar adalah mempersiapkan marketing tools sekreatif mungkin agar konsumen yang awalnya tertarik bisa terdorong untuk melakukan transaksi pembelian. Contohnya saja seperti membuat brosur, katalog produk, kartu nama, dan lain sebagainya.

Tahapan yang ketiga adalah evaluation. Setelah mendapatkan informasi lengkap mengenai produk baru yang Anda pasarkan, berikutnya tahapan yang dihadapi konsumen adalah mulai mempertimbangkan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Biasanya pada tahapan ini konsumen mempertimbangkan keputusan setelah melakukan ujicoba langsung terhadap produk tersebut. Karena itu, disarankan bagi para pelaku usaha agar bisa memberikan sampel produk yang terbaik sesuai dengan kualitas yang ditawarkan agar calon konsumen Anda memberikan hasil evaluasi yang memuaskan.

Terakhir, tahapan yang keempat adalah adoption. Apabila pada tahapan evaluation, calon konsumen mendapatkan hasil yang memuaskan, maka tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya mereka memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk baru tersebut secara rutin. Tentu tidak mudah bagi para pelaku bisnis untuk bisa mengantarkan calon konsumen pada tahapan ini, karenanya di tahapan adoption ini Anda harus bisa menjaga mutu produk dan memberikan pelayanan yang terbaik agar produk-produk Anda tetap dicintai para pelanggan.

Semoga sedikit tips pemasaran produk baru yang kami informasikan pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pemula maupun pelaku usaha di Indonesia, maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
sumber: majalahbisnis UKM.com

 Read more Article