Friday, August 29, 2014

Cara Memasarkan Produk Baru

Cara Mempromisikan Produk baru

Memasarkan  produk  baru  memang tidak  mudah,  apalagi  jika  produk tersebut  belum  dikenal  masyarakat.  Dibutuhkan modal  atau  biaya  pemasaran  yang  cukup  besar, serta  perjuangan  dan  strategi  pemasaran  khusus agar  produk  tersebut  mengena  dihati  konsumen.Selain  bagaimana  caranya  menarik  minat konsumen,  para  pemula  juga  harus  menghadapi persaingan  bisnis  dari  pengusaha  lain  yang  telah memasarkan  produk  terlebih  dulu.Hal ini  menjadi tantangan  yang cukup besar, bagi  para  pelaku  usaha.  Sebab  untuk  berhasil memasuki  sebuah  pasar,  mereka  harus  memiliki strategi untuk menarik minat konsumen.Sebaiknya ciptakan produk  yang  memiliki kelebihan  tersendiri  dibandingkan  produk  lainnya. Sehingga  konsumen  bisa  tertarik  dan  mengenali produk  baru  yang  Anda  tawarkan.Disamping  menciptakan  produk  yang  lebih unggul,  masih  ada  beberapa  hal  yang  perlu diperhatikan untuk mengenalkan konsumen pada produk  baru,  antara  lain  sebagai  berikut  :

1.  Lakukan  riset  pasar,  untuk  mengetahui seberapa  besar  potensi  pasarsebuah  produk.  Jika
hasil  penelitian  menunjukan  hasil  yang cukup  positif,  maka Anda tidak  perlu  ragu lagi   untuk  memasarkan  produk  baru tersebut.  Namun  bila  riset  menunjukan kurangnya  minat dari  konsumen,  sebaiknya lakukan  evaluasi  dan  berikan  nilai  lebih pada  produk  Anda.   Sehingga  produk tersebut  mudah  diterima  oleh  pasar.
2. Jeli terhadap kebutuhan konsumen. Mencoba  pasar  baru  dengan  menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen, merupakan  salah  satustrategi  pemasaran yang  sangat  ampuh  untuk  menarik  minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan  tersebut,  daya  beli  konsumen
akan  semakin  meningkat.  Termasuk  daya beli terhadap produk baru yang memberikan  solusi  untuk  masalah  mereka.
3. Buat kegiatan promosi yang efektif. Kegiatan  promosi  menjadi hal  yang  sangat penting  untuk  mengenalkan  produk  baru, setidaknya  perhatikan  faktor  pendukung  STP ( segmentation, targeting, positioning )  danmarketing  mix  (produk,  price,  place  dan promotion).   Ini   dimaksudkan  agar  kegiatanpromosi  yang  dilakukan  sesuai  dengan  target pasar  yang  telah  ditentukan.  Strategi  promosi  yang dapat  dilakukan  antara  lain  menjaga  kualitas produk,   menawarkan  harga  yang  bersaing,memilihlokasi  usaha  yang  strategis,  memberikan bonus  atau  potongan  harga  pada  saat  launching produk.
4.  Selanjutnya  berikan  pelayanan  yang terbaik  bagi  para  konsumen.  Karena  pelayanan yang  baik,  menjadi  salah  satu  faktor  pendukung untuk  menciptakan  produk  yang  berkualitas.Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin  luas  pula  pasar  Anda.  Begitu  jugasebaliknya  jika  pelayanan  yang  Anda  berikan buruk, konsumen pun akan begitu cepat meninggalkan  produk  Anda.
Strategi  pemasaran  bagi  produk baru,  juga  berpengaruh  besar  terhadap penjualan  produk.  Sebab  kesan  pertama yang  diperoleh  konsumen  dari  sebuah produk  baru,  akan  menentukan penilaian
mereka  terhadap  image  produk  tersebut. Demikian  informasi  pemasaran  bisnis untuk  pekan  ini,  semoga  dapat  bermanfaat dan  salam  sukses.
sumber. majalah bisnisukm.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...