4 Tips Cerdas Jalin Networking

 4 Tips Cerdas Jalin Networking

Menjalin networking atau jaringan kerja merupakan hal terpenting yang harus dimiliki para pebisnis. Kehidupan bisnis pada dasarnya membutuhkan hubungan yang baik, karena itu cobalah beberapa cara berikut untuk bisa mempertahankannya.

Tahu segmen

Untuk bisa memasarkan produk Anda dengan sukses, maka Anda pun harus bisa menentukan segmen atau target market yang tepat. Orang-orang inilah yang akan menjadi sasaran utama Anda, sementara yang berada di luar target tetap bisa dijaga meski bukan prioritas. Jika hubungan dengan target market bisnis Anda berlangsung baik, ini akan menjadi aset yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.

Hargai setiap orang

Ingatlah bahwa orang-orang yang ada di dalam jaringan kerja adalah orang dengan kesibukannya masing-masing. Anda harus bisa menghargai hal tersebut dan jangan bersikap terlalu memaksa, ketika Anda menawarkan produk atau jasa. Hargai juga keputusan mereka dan tetaplah bersikap baik, meski ternyata mereka menolak tawaran Anda.

Perbarui jaringan

Selalu perbarui data jaringan Anda, jangan-jangan ada beberapa kontak nomor telepon yang sudah tidak aktif atau alamat rumah yang sudah pindah. Selain itu, jangan biarkan daftar kontak Anda tidak bertambah. Anda harus selalu aktif untuk bergerak dan mencari klien potensial lainnya bagi bisnis Anda.

Bikin lebih personal

Kesuksesan bisnis selalu berkaitan dengan hubungan, karena itu buatlah setiap hubungan terasa personal. Artinya, setiap klien harus merasa diri mereka spesial dan Anda selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika pelanggan puas dengan hasil kerja Anda, bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan Anda dan ini merupakan hal yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

sumber: http://bit.ly/129FJv2


Read More Article