Hati-Hati STARBU*** Pakai Air Toilet Untuk Merebus Kopi


Sebuah kedai kopi Starbuc*** di Hong Kong dikabarkan merebus kopi dengan air dari toilet. Kabar ini muncul setelah sebuah foto wadah air milik Starbuc*** di sebuah kamar mandi tampil di internet.

Serangkaian foto yang diambul dari Starbuc*** di Bank of China Tower menunjukkan seorang pria mengambil air dari keran air di toilet pria, tidak jauh dari jamban dan kemudian menggunakan wadah dalam sebuah gerobak yang dibawa ke kedai kopi.

Tabloid Apple Daily adalah yang pertama kali mempublikasikan foto-foto ini sejalan dengan laporan yang menyatakan bahwa staff Starbuc*** mengambil air dari toilet umum di gedung parkir dan menggunakannya untuk merebus kopi.

Publikasi ini menyatakan bahwa pegawai harus menyaring air ini terlebih dahulu sebelum memakainya. Hal ini dipercaya berlangsung sejak pertama kali dibuka pada 2011.

Juru bicara Starbuc***Wendy Pang mengkonfirmasikan bahwa air yang dipakai untuk merebus kopi di Starbuc*** di gedung Bank of China diambil dari keran khusus di toilet dan ditaruh di sistem penyaringan khusus untuk memenuhi standard yang ditentukan pemerintah daerah dan World Health Organization.

“Tidak ada persediaan air langsung ke gerai itu, makanya kami perlu mengambil dari sumber terdekat di gedung itu,” katanya.

Namun, dia menambahkan, cabang Starbuc*** itu telah menggunakan air yang sudah disaring.

Walaupun airnya sudah disaring untuk memenuhi standard, sistem penyaringannya gagal untuk menghilangkan semua bahaya yang potensial melukai manusia.

Ben Cowling, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Hong Kong mengatakan bahwa sistem penyaring dapat menghilangkan bakteri tapi tidak virus yang hadir dalam ukuran yang lebih kecil.

Cowling juga mengatakan, “Jika para staff perlu sering mengunjungi toilet mereka akan meningkatkan risiko membawa patogen dari toilet ke area persiapan makanan dan minuman.” 


sumber : http://adf.ly/PtswN