Mendirikan Bisnis Waralaba Secara Mandiri

Bagaimana Mendirikan Bisnis Waralaba

Ketika Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis waralaba, hal yang perlu Anda pikirkan selain strategi pemasaran adalah syarat dalam mendirikan bisnis waralaba.

Salah satu peluang bisnis yang sekarang ini lagi trend adalah bisnis waralaba atau franchise. Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika bergabung dalam usaha waralaba, karena para pelaku usaha tidak perlu repot membangun sistem bisnis dari nol namun cukup menginvestasikan modal yang dimiliki untuk membeli sebuah sistem bisnis. Dari situ usaha sudah bisa berjalan dan Anda pun akan memperoleh keuntungan.


Dengan berbagai kemudahan dan kelebihannya itulah yang menjadikan usaha waralaba banyak diminati oleh banyak orang. Pada akhirnya usaha waralaba memiliki persaingan yang semakin ketat di pasaran.
Ketika Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis waralaba, hal yang perlu Anda pikirkan selain strategi pemasaran adalah syarat-syarat dalam mendirikan bisnis waralaba. Hal ini perlu Anda lakukan selain untuk mendukung kegiatan marketing juga untuk melindungi bisnis Anda agar tidak dicuri orang lain.

Berikut adalah syarat mutlak yang dibutuhkan untuk memulai bisnis waralaba.
Mempunyai Ciri Khas

Sebuah usaha jika ingin dikenal oleh banyak orang dengan cepat tentu saja harus mempunyai sebuah ciri khas tersendiri. Umumnya adalah hal yang unik dan berbeda sehingga mudah diingat. Maka dari itu, jika Anda ingin memulai bisnis waralaba buatlah sesuatu yang berbeda dengan bisnis lainnya. Rencanakan segala sesuatunya dengan matang dan penuh pertimbangan, tidak ada salahnya juga Anda meminta pendapat dari orang terdekat.


Perusahaan Harus Membukukan Keuntungan
Pembukuan berfungsi sebagai bahan evaluasi dari waktu ke waktu dan bisa juga untuk mengetahui apakah perusahaan Anda mengalami keuntungan atau kerugian dengan membandingkan laporan keuangan. Catatan disini juga harus dibuat dengan detail karena pembukuan tentang keuangan dan keuntungan merupakan salah satu syarat mendirikan usaha waralaba yang berbadan hukum.

Wajib Memiliki SOP
Standard Operating Procedure (SOP) adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus Anda lakukan, kapan, dimana dan oleh siapa. SOP dibuat agar rencana kerja Anda dapat dengan mudah dilakukan secara efektif dan juga efisien. Oleh sebab itu, buatlah SOP jika Anda ingin mendirikan bisnis waralaba. SOP ini akan menjadi sebuah pedoman bagi para pekerja agar bisa bekerja sesuai aturan dan mempunyai motivasi untuk mencapai tujuan.

SOP Harus Mudah Diajarkan dan Diaplikasikan
Sebuah aturan yang memberatkan seseorang dalam bekerja tentu saja tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dalam pembuatan SOP tentu saja harus membutuhkan banyak sekali pemikiran. Anda harus dapat menyampaikan serta menjelaskan SOP yang yang Anda buat kepada seluruh karyawan. Sehingga buatlah SOP yang mudah diajarkan dan diaplikasikan.

Memperlihatkan adanya Kesinambungan Usaha
Syarat mutlak lainnya untuk mendirikan usaha waralaba adalah adanya kesinambungan usaha yaitu sebuah usaha yang benar-benar berjalan dengan baik dan menunjukkan sebuah kemajuan atau perkembangan. Usaha waralaba Anda harus konsisten dan terus menunjukkan perkembangan, misalnya dengan menambah cabang atau dengan melebarkan bisnis dalam hal yang lain. Dengan begitu, maka Anda bisa dipandang oleh orang lain sebagai pebisnis sejati.

Memenuhi Jaminan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Hak Kekayan Intelektual (HKI) merupakan sebuah hasil pemikiran dari seseorang yang berhasil menghasilkan suatu produk yang bisa berguna bagi banyak orang, dan produk tersebut juga menjadi sesuatu yang benar-benar menjadi hasil karyanya sendiri yang sebelumnya belum pernah diciptakan oleh pelaku bisnis lainnya. Undang-undang juga mengatur mengenai HKI sehingga jika bisnis waralaba tersebut benar-benar asli hasil pemikiran sendiri, Anda dapat melindunginya secara hukum. Selamat mencoba dan salam sukses![bisnisukm.com; Mendirikan Bisnis Waralaba]