Saturday, February 21, 2015

Usaha Bisnis Murah-Berjualan Siomay

Hangatnya Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Siomay ikan merupakan kuliner yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Usaha kuliner siomay ikan pun berprospek cerah dan dapat dijalankan dengan modal kecil.
   
Siomay ikan merupakan kuliner yang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain sebagai camilan favorit, siomay ikan juga sangat mudah kita jumpai. Bahan baku untuk membuat siomay pun sangat mudah didapatkan. Biasanya untuk membuat siomay ikan yang enak dan lezat, kita membutuhkan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya, kemudian mencampurnya dengan tepung tapioka. Siomay ikan disajikan lengkap dengan kentang, tahu, kol dan bumbu kacang yang khas.
Konon, siomay ikan tenggiri ini berasal dari Tiongkok, akan tetapi saat ini sudah mulai beradaptasi menjadi makanan tradisional khas Indonesia yang layak untuk dijadikan sebagai usaha kuliner yang menjanjikan. Siomay ikan tenggiri mudah dijumpai, mulai dijajakan secara keliling ala gerobak, mangkal di pinggir jalan, hingga restoran besar karena rasanya yang benar-benar menggoyang lidah.

Meskipun bisnis siomay ikan tenggiri ini semakin hari sudah kian padat pemain. Namun usaha kuliner ini masih saja memiliki celah untuk tumbuh dan berkembang. Tidak ada salahnya jika Anda juga ikut meramaikan pasar dengan mengais untung dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri.

Konsumen
Siomay ikan tenggiri banyak memiliki penggemar mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Selain rasanya yang lezat dan gurih, siomay ikan tenggiri juga banyak di jajakan. Dan yang terpenting, harga kuliner ini pun relatif ekonomis sehingga mudah didapatkan.

Memulai Bisnis
Gerobak SiomayUsaha kuliner siomay ikan tenggiri adalah jenis usaha kuliner olahan hasil laut yang bisa dijalankan sesuai dengan modal usaha yang dimiliki. Jika modal kecil yang dimiliki, maka bisa dijajakan secara keliling ala gerobak atau dijajakan di pinggir jalan. Sedangkan jika modal usaha yang dimiliki relatif besar maka bisa memulai usaha dengan membuka warung siomay atau restoran.

Dalam memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri, yang terpenting untuk selalu diperhatikan adalah dalam hal rasa. Biasanya pelaku bisnis sudah memiliki resep yang telah dipraktekkan secara turun temurun. Selain memperhatikan rasa siomay ikan yang enak dan khas, kebersihan juga harus selalu dijaga. Tidak hanya kebersihan tempat, akan tetapi juga kebersihan dalam meramu siomay dan penyajiannya.

Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri
Bahan Siomay :
  1.     250 gram ikan tenggiri yang digiling sampai halus
  2.     Tepung sagu
  3.     3 siung bawang putih yang dicincang halus
  4.     1 sendok makan minyak wijen
  5.     ½ sendok teh garam halus
  6.     1 batang daun bawang segar yang diiris halus
  7.     1 butir putih telur
  8.     Beberapa lembar kulit pangsit
Bahan Untuk Membuat Saos Kacang :
  1.     200 gram kacang tanah, goreng dengan minyak kemudian haluskan
  2.     500 ml air hangat
  3.     2 sendok makan air asam jawa (dari campuran 1 sendok makan asam jawa dengan 3 sendok makan air)
Bumbu Halus :
  1.     6 buah cabai merah keriting yang digoreng
  2.     4 siung bawang putih yang digoreng
  3.     3 sendok makan gula merah yang telah disisir
  4.     1 sendok teh garam
  5.     Jeruk limau
  6.     Kecap manis
Cara Membuat :
  1. Campurkan ikan tenggiri yang telah dihaluskan dengan tepung sagu, minyak wijen, bawang putih, garam, telur dan daun bawang kemudian aduk sampai rata.
  2. Setelah adonan rata kemudian banting-banting sampai adonan kalis atau kental. Setelah itu masukkan dalam plastik.
  3. Letakkan kulit pangsit ke dalam cetakan kue mangkuk, lalu olesi kulit pangsit dengan menggunakan air lalu masukkan adonan siomay ikan tenggiri.
  4. Kukus siomay ikan tenggiri selama kurang lebih 30 menit.
  5. Sambil menunggu siomay ikan tenggiri matang, Anda bisa membuat saos kacang dengan mencampurkan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan bahan bumbu halus kemudian ulek sampai merata.
  6. Sajikan siomay ikan tenggiri dengan saos kacang, jeruk limau dan kecap. Bisa ditambahkan dengan tahu, kol, kentang atau pare.
Keuntungan Bisnis
Modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri ini tidaklah besar. Peluang bisnisnya juga masih terbuka lebar dengan banyaknya peminat siomay ikan tenggiri, baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Karena, selain rasanya yang enak dan gurih, harganya juga relatif murah serta mudah dijumpai dimana-mana.

Hambatan Bisnis
Resiko terbesar dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri adalah persaingan bisnis yang semakin ketat. Modal usahanya dan proses produksinya tidak terlalu sulit sehingga banyak pelaku bisnis yang tertarik dengan usaha kuliner ini. Selain itu, kenaikan harga bahan baku juga membuat para pelaku bisnis untuk menekan biaya produksi.

Tidak hanya itu saja, jika siomay ikan tenggiri tidak laku dalam waktu sehari maka resiko tersebut bisa dikurangi dengan menyediakan freezer atau lemari es, namun jangan terlalu lama karena dapat mengganggu aroma dan rasa siomay.[bisnisukm.com; Usaha Bisnis Murah-Berjualan Siomay]


Read More Article 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...