Dari Hobi Bola Menjadi Pembisnis Bola

Bisnis Sampingan Dari Hobi Sepak Bola



 Masih bingung untuk memulai usaha, bingung mau usaha apa mungkin artikel berikut bisa membantu yang saya kutip dari bisnisUKM.com, dari hobi bola menjadi bisnis bola. simak penjelasannya.
 
Fanatisme masyarakat terhadap olahraga sepak bola, mendorong pertumbuhan bisnis pernak-pernik sepakbola mengalami perkembangan yang sangat pesat.
bisnis sampingan mahasiswa dari bisnis bolaDemam sepak bola seakan menjadi bagian yang tak bisa terpisahkan dari kalangan anak muda. Menjadi salah satu jenis olahraga yang paling diminati kaum lelaki di seluruh dunia, hampir sepanjang tahun masyarakat kita disuguhkan dengan pertandingan-pertandingan sepak bola baik dari liga lokal maupun internasional.
Kondisi ini ternyata tak hanya menjadi pengobat rindu bagi para pecinta olahraga sepakbola, namun juga mendatangkan rejeki tersendiri bagi para pelaku bisnis pernak-pernik sepakbola yang keberadaannya semakin hari kian diburu para penggemar fanatiknya.
Kecintaan anak muda terhadap sepakbola, membuka peluang bisnis baru yang sampai saat ini perkembangan pasarnya masih sangat menjanjikan. Karenanya, bagi Anda mahasiswa yang sekarang ini masih bingung mencari peluang bisnis sampingan di sela-sela kesibukan belajar di bangku perkuliahan, tidak ada salahnya bila Anda mencoba merintis bisnis sampingan mahasiswa dari hobi sepak bola.

Target Pasar Yang Bisa Dibidik

Fanatisme masyarakat terhadap olahraga sepak bola, mendorong pertumbuhan bisnis pernak-pernik sepakbola mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai macam atribut serba bola seperti misalnya jersey bola, mini football figure, sepatu bola, kaos bola casual, syal rajut, miniature stadion, jaket bola, hoodie, topi bola, stiker, dompet, hingga bantal, jam dinding, dan lampu tidur club bola, ramai diburu konsumen baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bahkan tidak hanya dari kalangan pria, sekarang ini bolamania di berbagai negara mulai diramaikan oleh kaum hawa.
Kendati sepanjang tahunnya pernak-pernik sepak bola masih terus diburu penggemar fanatik olahraga kulit bundar ini, namun Anda bisa memanfaatkan uephoria musim pertandingan liga lokal maupun internasional untuk meningkatkan omzet penjualan setiap bulan. Apalagi ajang piala dunia 2014 sudah semakin dekat, sehingga Anda bisa memanfaatkan moment ini untuk memenuhi segala kebutuhan pecinta bola dalam menyambut moment tersebut.

Ide Bisnis Sampingan Mahasiswa Dari Hobi Sepak Bola

Menjadi salah satu olahraga yang mendunia, peluang bisnis seputar sepakbola kini berkembang pesat di Indonesia. Banyaknya fans club atau penggemar sepak bola di tanah air yang kemudian tertarik untuk mengoleksi beragam jenis atribut serba bola, menjadikan peluang bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya. Tak terkecuali bagi kalangan mahasiswa yang ingin menekuni bisnis sampingan di sela-sela kesibukan utamanya mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan.
Berikut adalah beberapa bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan dari hobi sepak bola yang mereka senangi.
  • pernak pernik bolaBisnis fashion seputar sepak bola. Dari sekian banyak peluang bisnis mahasiswa yang bisa dijalankan dari hobi sepak bola, bisnis fashion serba bola banyak diminati calon konsumen. Contohnya saja seperti bisnis jersey bola, jaket bola, hoodie bola, kaos bola casual, topi bola, syal bola, batik bola, sepatu bola, dompet club bola, dan lain sebagainya. Sebagai pemula Anda bisa mengawalinya dengan berperan sebagai reseller produk, atau mencoba memproduksi fashion seputar bola dengan cara maklon ke beberapa perusahaan besar.
  • Pernak-pernik seputar bola. Beberapa aksesoris seputar sepak bola yang banyak dicari penggila bola antara lain mini football figure atau soccer figure, miniature stadion, karikatur pemain sepak bola, jam tangan club bola, stiker, handuk club bola, helm club bola, payung, gantungan kunci, boneka logo club bola, dan masih banyak lagi.
  • Produk interior serba bola. Sebut saja seperti furniture club bola, bantal club bola, lampu tidur club bola, jam dinding club bola, tempelan kaca, sprei club bola, selimut club bola, karpet club bola, wallpaper dinding club bola, dan lain-lain.

Persiapan Bisnis Mahasiswa Dari Hobi Sepak Bola

Tidak sulit bagi seorang mahasiswa untuk merintis bisnis sampingan dari hobi sepak bola yang mengalir dalam dirinya. Kecintaannya terhadap sepak bola, serta luasnya pangsa pasar yang bisa mereka bidik dari rekan-rekan sesama mahasiswa, memberikan kemudahan bagi para calon pengusaha muda ini untuk bisa sukses merintis bisnis sampingan dari hobi yang mereka miliki.
Nah, bagi Anda para mahasiswa yang tertarik merintis bisnis sampingan dari hobi sepak bola. Berikut ini kami informasikan persiapan bisnis yang perlu diperhatikan dari sekarang.
  1. Mengingat modal usaha Anda masih cukup terbatas, Anda bisa mengawali bisnis sampingan ini dengan menjadi pedagang pernak-pernik sepak bola dibandingkan jadi produsen yang menghabiskan modal usaha cukup besar.
  2. Cari tahu tren pasar dari musim pertandingan yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat luas. Contohnya saja seperti musim piala AFF yang belum lama ini terselenggara, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berjualan atribut timnas Indonesia.
  3. Perluas jaringan bisnis untuk mendapatkan supplier atau produsen pernak-pernik sepak bola yang menjual dagangannya dengan harga grosir. Untuk mendapatkan harga kulakan yang terjangkau, ada baiknya bila Anda menggandeng langsung para importir untuk mendapatkan pernak-pernik sepak bola dari luar negeri sedangkan untuk produk lokal bisa Anda ambil dari produsennya langsung atau pasar grosir seperti Mangga Dua dan Tanah Abang.
  4. Untuk memudahkan sistem penjualan, para pemula bisa memanfaatkan jalur pemasaran online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Melalui strategi penjualan online, para pengusaha dari kalangan mahasiswa ini hanya membutuhkan biaya akses internet dan biaya transportasi untuk kulakan barang dan mengirimkan barang ke jasa ekspedisi.
  5. Apabila Anda ingin memproduksi pernak-pernik bola dalam jumlah yang belum terlalu banyak, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan jasa maklon atau titip produksi di pabrik-pabrik besar yang ada di sekitar Anda. Cara ini terbilang cukup efektif, karena Anda bisa memproduksi pernak-pernik bola dengan modal yang cukup minim.

Keuntungan Bisnis Mahasiswa Dari Hobi Sepak Bola

Ramainya musim pertandingan baik dari liga lokal maupun internasional, secara tidak langsung turut mendorong lonjakan permintaan merchandise bola dari kalangan masyarakat luas. Keloyalan para penggila bola terhadap club-club bola yang mereka gemari, tak hanya meningkatkan animo masyarakat untuk mengoleksi beragam jenis pernak-pernik club bola kesayangannya namun juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis pernak-pernik bola. Bahkan, dari bisnis penjualan pernak-pernik bola, para pelaku usaha bisa mengantongi keuntungan sekitar 20% hingga 25% dari total omzet penjualan.
Selain itu, permintaan konsumen terhadap pernak-pernik bola biasanya mengalami peningkatan hingga lebih dari dua kali lipatnya ketika memasuki musim pertandingan tertentu. Contohnya saja seperti jelang musim piala dunia, liga utama Eropa, musim piala AFF, piala AFC, dan lain sebagainya. Biasanya pada musim-musim tersebut, segala macam pernak-pernik bola dari mulai kaos bola hingga merchandise serba bola ramai diburu konsumen untuk memeriahkan perhelatan akbar tersebut.

Kendala Bisnis Sampingan Mahasiswa Dari Sepak Bola

Keterbatasan modal dan waktu luang yang mereka miliki, menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi para pelaku bisnis sampingan dari kalangan mahasiswa. Tugas utamanya sebagai seorang mahasiswa yang setiap harinya harus menuntut ilmu di bangku perkuliahan, menuntut para pengusaha muda ini untuk pintar-pintar membagi waktu untuk urusan bisnis dan kuliah.
Diluar kendala tersebut, minimnya pengalaman para mahasiswa di dunia usaha dan ketatnya persaingan bisnis merchandise bola di lingkup pasar lokal maupun nasional, menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis sampingan khususnya dari kalangan mahasiswa. Untuk menyiasati kendala ini, ada baiknya bila Anda mulai belajar bisnis baik dari buku, internet, mata kuliah, maupun seminar-seminar bisnis yang diselenggarakan pihak kampus Anda serta menciptakan sebuah pembeda agar bisnis Anda tak kalah bersaing dengan pemain lain di jalur yang sama.

Strategi Pemasaran Pernak-Pernik Sepak Bola

merchandise bolaMelihat persaingannya yang semakin ramai, produk pernak-pernik bola akan lebih efektif bila dipasarkan melalui fans club bola yang mulai bermunculan di sekitar kita. Loyalitas anggota fans club yang terbilang cukup tinggi, sangat memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan pernak-pernik bola melalui forum tersebut. Keaktifan fans club sepak bola dalam mengadakan acara-acara seperti gathering maupun nonton bareng (nobar) menjadi salah satu ajang yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omzet penjualan yang cukup besar.
Stategi pemasaran lain yang bisa Anda coba untuk memperluas jangkauan pasar yaitu dengan menggunakan social media seperti misalnya facebook, twitter, website, BlackBerry Messenger, hingga market place diantaranya bisnisUKM.com, kaskus, toko bagus, berniaga, dan lain sebagainya untuk mempromosikan bisnis Anda di ranah maya. Melalui sosial media, para pengusaha muda ini juga bisa menghemat modal usaha karena mereka tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa kios atau toko sebagai tempat usaha.

Kunci Sukses Bisnis Sampingan Mahasiswa

Ketika Anda telah memutuskan menjalankan usaha sampingan disela-sela kesibukan utama menimba ilmu di bangku perkuliahan, maka Anda harus mulai pintar-pintar mengatur waktu dan membagi fokus Anda untuk urusan bisnis dan kuliah. Mengingat tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar di bangku kuliah, maka sebaiknya jalankan bisnis Anda setelah jam kuliah selesai.
Kunci kesuksesan yang kedua adalah kenali trend pasar yang sedang berkembang saat ini, agar produk yang Anda pasarkan bisa diterima pasar dengan baik. Walaupun bisnis pernak-pernik bola ini tidak mengenal kata musim, karena fanatisme para penggila bola mendorong mereka untuk selalu mengoleksi setiap merchandise club bola kesayangannya. Namun melihat persaingan pasar di bisnis pernak-pernik bola sudah mulai ramai, penting bagi Anda untuk bisa menciptakan sebuah pembeda agar produk Anda tak kalah bersaing dengan produk serupa di pasaran. Misalnya saja melihat persaingan bisnis jersey bola mulai padat, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat kaos bola casual dari bahan cotton combed.
Analisa Ekonomi

Asumsi
Menjadi pedagang online pernak-pernik bola

Modal awal
Laptop dan modem                                     Rp 4.000.000,00
Kulakan barang dagangan                              Rp 5.000.000,00+
Total modal                                          Rp 9.000.000,00

Laptop dan modem mengalami penyusutan setelah 3 tahun :
1/36 x Rp 4.000.000,00          =   Rp 111.100,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan pernak-pernik bola                           Rp 10.000.000,00
Biaya telepon, listrik, dan modem                  Rp  1.000.000,00
Biaya promosi dan transportasi                       Rp    500.000,00+
Total biaya operasional                              Rp 11.500.000,00
Omzet per bulan

Penjualan baju bola
(@ Rp 120.000,00 x 100 pcs)                         Rp 12.000.000,00
Penjualan pernak-pernik serba bola
(@ Rp 75.000,00 x 50 pcs)                           Rp  3.750.000,00+
Total omzet                                          Rp 15.750.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 15.750.000,00 - Rp 11.500.000,00           = Rp 4.250.000,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)          =     ± 2 bulan
Dari hobi sepak bola yang Anda miliki, setiap bulannya Anda bisa mendatangkan tambahan penghasilan di sela-sela kesibukan utama Anda di bangku perkuliahan. Semoga informasi peluang bisnis untuk mahasiswa ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi kaum muda yang ingin terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/_QqRLccX0LTI/S-vXZ3t-DiI/AAAAAAAAADQ/1iZauVlfNas/s1600/IMGP1227.JPG
2. http://gelasgeulis.files.wordpress.com/2012/06/img00458-20110706-1052.jpg
3. http://data.tribunnews.com/foto/images/preview/20130910_pernak-pernik-penggemar-bola_2695.jpg


Read More Article