Kenali Hambatan Dalam Menggeluti Bisnis Agrobisnis


Problematika Dalam Bisnis Agrobisnis


Dalam setiap bisnis pasti memerlukan sebuah strategi dalam pemasarannya untuk mendongkrak penjualan, begitu pula dengan bisnis agro bisnis. Karena negara kita berada di daerah tropis maka bisnis agrobisnis sangat cocok untuk di terapkan, oleh karena itu di perlukan sebuah strategi penjualan yang mampu menguasai pasar lokal maupun internasional.

Tidak ada yang beda dalam strategi pemasaran antara bisnis biasa dengan agrobisnis, hanya saja dalam agrobisnis di pengaruhi oleh musim dan kita tidak bisa melawan siklus alam ini, selalu ada waktunya untuk memasarkannya.


Dalam menjalankan agrobisnis pasti anda kendalanya dalam menghadapi roda usahanya, dan kebanyakan sampai saat ini petani belum bisa memaksimalkan usahanya. Mugkin yang bisa menjadi panutan dalam bisnis bob sardino beliau adalah seorang agrobisnis yang sangat sukses.
peluang usaha agrobisnis, hambatan agrobisnis
sumber; tempo co

Lalu apasajakah kendala yang di hadapi oleh para pelaku agro bisnis di indonesia? Berikut penjelasannya mengenai kendala tersebut.


Persediaan barang yang bersifat musiman

Karena industri agrobisnis bergantung pada alam maka keberadaannya pun di pengaruhi oleh alam itu sendiri. Selain itu petani masih menggunakan peralatan dengan teknologi sederhana sehingga hasilnya tidak bisa maksimal dan memenuhi permintaan pasar. Hal yang sering terjadi adalah ketika panen raya tiba barang begitu melipah namun harga anjok menjadi rendah sedangkan ketika musim mau bergani barang menjadi semakin sulit dan terbatas sedangkan harga menjadi naik, hal ini menjadi hambatan dalam memenuhi permintaan pasar secara kontinyu


Rantai pemasaran yang terlalu pajang

Dalam pemasaran para petani mengalami kendala dalam memajukan usahanya, panjangnya rantai pemasaran menyebabkan harga tawar ke petani menjadi rendah sedangkan ke konsumen tinggi, banyaknya tengkulak yang memperdaya petani, biasanya mereka terpaksa menjualnya karena keterikatan hutang piutang sehingga mereka tidak bisa menawarkan ke pembeli lain yang menawarkan harga lebih tinggi. Inilah sebabnya ketika harga di pasaran naik kebanyakan petani tidak bisa menikmatinya.


Kurangnya informasi jaringan pasar

Bagi petani yang berada di daerah terpencil mereka biasanya kesulitan dalam mencari pembeli potensial, keterbatasan informasi dan teknologi membatasi mereka untuk mengembangkan usahanya. Kurangnya relasi pemasaran menyebabkan mereka bingung untuk memasarkan produknya untuk keluar dari daerah asalnya


Minimnya perencaranaan dan pengembangan teknologi pertanian menyebabkan para petani susah untuk berkembang maka di perlukan sinergi antara pemerintah, pihal swasta dan petani untuk meningkatkan agro bisnis indonesia. Salam sukses Kenali Hambatan Dalam Menggeluti Bisnis Agrobisnis

  Read More Article