Strategi Promosi Berdasarkan Perkembangan Produk

STRATEGI PROMOSI DENGAN MELIHAT PRODUCT LIFE CYCLE

Strategi promosi dapat dibuat berdasarkan daur hidup suatu produk, mulai dari tahap perkenalan produk sampai tahap kemunduran.
Berikut gambaran Strategi promosi dan tahap pertumbuhan dalam daur hidup produk

TAHAP PERKENALAN
Situasi Pasar
  • ketika produk pertama kali di perkenalkan Pelanggan tidak menyadari bahwa mereka menghendaki produk dan bagaimana mereka mengambil manfaat produk. Ini dikarenakan pelanggan belum mengenal produk anda.
Strategi Promosi
  •  Memberikan informasi dan pendidikan kepada pelanggan potensial. Menerangkan bahwa produk tersebut ada dan manfaat apa yang berguna untuk pemenuhan kebutuhan.
  •  Pada tahap ini penjual harus merangsang permintaan primer, permintaan akan suatu jenis produk yang harus dibedakan dari permintaan selekitif (permintaan akan merk tertentu).
  •  Cara yang biasa digunakan pada tahap ini adalah penjualan personal, pameran dagang dan calon pembeli mendatangi untuk lebih mengenal produk. Produsen lebih mengandalkan penjualan personal untuk menghimbau perantara [agen] memperdagangkan produk baru.

TAHAP PERTUMBUHAN
Situasi Pasar
  • seiring bertambahnya waktu dan semakin di kenalnya produk anda.Pelanggan mulai menyadari manfaat produk yang anda tawarkan
  •  dengan semakin di kenal produk anda maka Produk cukup laku
Strategi Promosi
  •  Menstimulasi permintaan selektif (merk), karena produk anda sudah di kenal tentu ada salah satu produk anda yang begitu di minati jadi buatlah perencanaan agar tidak hilang di pasaran
  •  Lebih menekankan pentingnya periklanan; karena produk yang laku di pasaran akan banyak ditiru oleh pesaing anda sehingga iklan di perlukan agar mereka selalu ingat dengan produk anda
  •  agar produk anda selalu di ingat oleh pelanggan anda maka iklan harus terus di tayangkan namun ini akan berdampak pada semakin besarnya biaya untuk mempromosikannya

TAHAP KEMATANGAN
Situasi Pasar
  •  Persaingan meningkat dan kurva penjualan mulai mendatar
Strategi Promosi
  •  Periklanan dipergunakan sebagai alat untuk menghimbau, membujuk dan bukan hanya sekedar informasi; karena produk sudah laku di pasaran dan pesaing anda juga sudah meluncurkan produk yang sama ini menjadikan produk tersebut banyak beredar di pasaran, penayangan iklan berguna untuk mempertahankan loyalitas pelanggan anda bukan untuk menjaring pasar lagi
  •  karena Persaingan yang tajam mengharuskan penjual menyediakan dana yang lebih besar untuk periklanan
semoga gambaran di atas bisa membantu anda dalam membuat strategi pemasaran yang efektif. salam sukses Strategi Promosi Berdasarkan Perkembangan Produk

 
Read More Article