Meningkatkan Penjualan Dengan Analisis Psikologis Konsumen

Meningkatkan Penjualan Dengan Pendekatan Konsumen


Dalam  menjalankan  sebuah bisnis,  konsumen merupakan salah satu  bukti  suksesnya  pemasaran bisnis  yang  Anda  jalankan.  Semakin  banyak konsumen  yang  tertarik  dengan  produk Anda, menunjukan bahwa strategi pemasaran  bisnis  yang  digunakan  telah berhasil.  Dan  begitu  pula  sebaliknya  jika sebuah  bisnis  belum  berhasil  memperoleh konsumen,  berarti  masih  ada  yang  perlu dievaluasi dari strategi pemasaran digunakannya.Salah satu  strategi   yang  dapat digunakan  yaitu  strategi  pemasaran  bisnis melalui  pendekatan  konsumen.  Dengan membangun  hubungan  baik  dengan  para
konsumen, dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap  sebuah  perusahaan.
Selain  itu  sebuah  perusahaan  dapat memenangkan  persaingan  bisnis,  jika perusahaan tersebut mencoba menempatkan  diri  pada  posisi  konsumen dan memberikan solusi pada masalah yang mereka hadapi, serta membantu konsumen untuk  mendapatkan  apa  yang  mereka inginkan.  Dengan  begitu  akan  terjalin hubungan kerjasama dalam jangka  panjang yang  saling  menguntungkan  kedua  belah pihak,   konsumen  akan  melihat  Anda sebagai  partner  kerja  sejati  bukan  hanya sebagai  produsen  atau  pemasok  produk yang  mereka  butuhkan.
Untuk  menjalin  hubungan  kerjasama  dalam jangka  waktu  panjang  dengan  para  konsumen,  Anda harus  mengetahui  hal  –  hal  yang  disukai  konsumen maupun  hal  –  hal  yang  tidak  disukai  konsumen. Berikut  kami  berikan  informasinya  :
Ketika konsumen mempercayai sebuah perusahaan,  maka  mereka  akan  senang  jika  perusahaan
Anda  membantu  mereka  dalam  hal  berikut  :
1.  Membuka  konsultasi  bagi  para  konsumen  yang memiliki  masalah.
2.  Memberikan  solusi  di  waktu  yang  tepat,  dan disesuaikan  dengan  kondisi  konsumen
3.  Meyakinkan  konsumen  bahwa  mereka  telah mengambil  keputusan  yang  tepat Namun  ada  pula  kebiasaan  marketing  yang  tidak disukai  oleh  konsumen,  antara  lain  sebagai  berikut  :
1.  Marketing yang menggunakan metode penjualan  terlalu  agresif
2.  Terlalu menggurui konsuen, mengenai bagaimana  seharusnya  menjalankan  bisnis  mereka
3. Pemasaran  yang  tidak  mendidik  konsumen,hanya  mengunggulkan  kelebihan  produk  tanpa menjelaskan  mengapa  produk  tersebut  dianggaplebih  unggul.
Keputusan  konsumen  untuk  membeli  suatu produk, didasarkan pada kepercayaan dan kebutuhan mereka  akan  suatu  produk.  Oleh  karena  itu  lakukan pendekatan  dengan  para  konsumen,  bukan  hanya sekedar  membuat  konsumen  membeli  produk  dan melakukan  pembel ian  berulang  namun  buatlah konsumen  membeli  sebuah  produk  karena  adanya kesenangan  dari  diri  mereka.  Semoga  informasi  strategi pemasaran  bisnis  melalui pendekatan  konsumen  dapat bermanfaat  dan  salam  sukses
Sumber: majalah bisnisUKM.com


Read More Article