Rahasia Mengelola Toko Online Yang Sukses

Membuka Bisnis Dengan Toko Online

 
 Diera moderen saat ini untuk meningkatkan penjualan tidak saja hanya dengan cara konvensional yaitu menjajakan atau menawarkan langsung, dengan perkembangan jaman sekarang banyak bermunculan toko-tojko online yang bisa memperluas penjualan anda tidak hanya regional tapi juga internasional. tentu saja ini akan meningkatkan penjualan dan pendapatan anda. namun perlu diketahui ada beberapa hal yang menandakan dalam mengelola toko online, simak penjelasannya sebagai berikut

1. Dalam  menjalankan  bisnis online,  keberadaan  konten  artikel,  foto, dan  video  menjadi senjata  utama  pelaku usaha  untuk  menarik  minat  pelanggan. Oleh  karena  itu,  yakinkan  pelanggan Anda dengan tampilan foto produk yang tentunya terjamin  keasliannya dan dukung promosi blog atau website Anda
dengan  menambahkan  konten  artikel menarik  untuk  meningkatkan  traffic kunjungan  toko  online  Anda.

2. Selalu aktif dalam mengupdate  produk-produk  terbaru.  Tak jarang  para konsumen sengaja mengulur
waktu pembelian karena mereka menunggu hadirnya produk terbaru dari Anda.  Oleh  karena  itu,  lakukan  update produk  secara  rutin  agar  konsumen semakin  sering  berbelanja  di  toko  online Anda.

3. Tidak  hanya  toko  offline  saja yang  bisa  memberikan  diskon  besarbesaran pada para konsumennya. Untuk menarik  minat  pelanggan,  Anda  bisa menawarkan harga khusus pada moment-moment  penting.  Misalnya  saja bila  Anda  membuka  toko  online  yang menawarkan busana  muslim, maka Anda
bisa  memberikan  diskon  hingga  50% pada  saat  menjelang  hari  Raya  Idul  Fitri ataupun  Idul  Adha.

4. Gunakan  display  produk yang  memudahkan  para  konsumen.Setiap konsumen pastinya
menginginkan sistem  yang friendly untuk  menemukan produk-produk yang mereka butuhkan. Karena
itu gunakan navigasi  sederhana, dan  pisahkan  produk-produk  yang  ready stock  (masih  tersedia)  serta  produk yang sudah  sold  out  (terjual).

5. T u mb u h k a n   k e p e r c a y a a n k o n s u m e n   d e n g a n   m e m b e r i k a n pelayanan  yang  berkualitas.  Misalnya saj a  segera  menanggapi   pert anyaan maupun  komplain  pelanggan,  menjalin
hub ung a n  b a i k   de ng a n  konsumen,memilih  jasa  pengiriman  barang  yang cepat   da n  t e pa t   ( c a t a t   s e mua   resi pengiriman  agar  bisa  diperiksa  bila  ada komplain  konsumen),  serta  memberikan
produk  yang  terjaga  kualitasnya  (sama dengan  deskripsi  serta  gambar  yang ditawarkan  di  website).

6. Ber i kan  kemudahan  pada konsumen  dalam  bertransaksi.  Sebisa mungkin  berikan  berbagai  alternatif untuk  melalukan  transaksi  pembayaran. Misalnya  saja  seperti  melayani  transaksi
v i a   b a n k ,   k a r t u   k r e d i t ,   m a u p u n menggunakan  uang  digital  (paypal).
Untuk  memperluas  jangkauan  pasar, Anda juga  bisa  membuat desain  website yang  multi  bahasa  dan  menggunakan k u r s   ma t a   u a n g   n a s i o n a l   ma u p u n internasional,  contohnya  saja  seperti  uang rupiah  (IDR)  maupun kurs  dollar  (USD).

7. Manfaatkan  sosi al   medi a,   forum  online, iklan baris, iklan banner, serta daftar direktori perusahaan,   u n t u k mempromosikan  toko o n l i n e   An d a .   S e ma k i n   a k t i f   An d a melakukan  kegiatan  promosi,  semakin b e s a r   p u l a   p e l u a n g   A n d a   u n t u k mendapatkan  calon  konsumen.
Nah,  semoga  informasi  tips  bisnis  online  yang  kami  angkat  pada  pekan  ini bisa  memberikan  tambahan  wawasan bagi  para  pembaca  dan  membantu  para pemula  dalam  mengelola  toko  online.
Maju  terus  UKM  Indonesia  dan  salam sukses
sumber : majalah bisnisUKM.com

 Read More Article