Peluang Usaha Berjualan Boneka

Analisis Usaha Boneka


KONSUMEN
Target  pasar  yang  bisa  Anda  bidik adalah  kalangan  anak-anak,  remaja,  sampai instansi-instansi  besar yang membutuhkan boneka  sebagai  lambang  ataupun  slogan bagi  perusahaan  mereka.  Biasanya  para
produsen boneka skala rumah tangga lebih senang  menerima  pesanan  dalam  jumlah banyak  untuk  satu  model  boneka.  Hal  ini d i l a k u k a n   u n t u k   me n g h e ma t   biaya produksi dan mempercepat proses pengerjaannya,  sehingga  tidak  heran  bila proses  produksi  boneka  biasa  dikerjakan dengan  sistem  borongan

INFO BISNIS
U n t u k   m e n j a l a n k a n     i n i ,   a d a beberapa  hal  penting  yang  perlu  Anda siapkan  terlebih  dahulu, antara lain  sebagai berikut  :
Modal  utama  Anda  adalah  skill  dan pengetahuan tentang  perkembangan trend mode  boneka  yang  saat  ini  laris  manis  di pasaran. Untuk itu  Anda harus jeli  melihat perubahan minat konsumen melalui koran, majalah,  internet,  maupun  mengamati perkembangan  film  kartun  yang  sedang digemari  masyarakat  luas.Menjalin  kerjasama  dengan  supplier bahan  baku  yang  memberikan  penawaran
h a r g a   l e b i h   m u r a h   t a n p a   h a r u s mengesampingkan  kualitas  bahan  yang Anda  gunakan.
Carilah  tenaga  kerja  yang  benarbenar  kreatif  dan  memiliki  skill  bagus dalam hal jahit  menjahit maupun membuat desain  boneka.  Bila  perlu  lakukan  seleksi ketat  sebelum  akhirnya  menentukan tenaga
kerja  yang  Anda  gunakan.Selalu lakukan pengontrolan (quality control)  pada  produk  boneka  yang  telah
diproduksi,  hal  ini  penting  agar  kualitas produk Anda tetap  terjaga  dan tidak  kalah bersaing  dengan  produk  boneka  lainnya yang  ada  di  pasaran.Per hat i kan  per kembangan  trend dunia  boneka  di  luar  negeri  agar  produkp r o d u k   y a n g   A n d a   c i p t a k a n   t i d a k ketinggalan  jaman  dan  laris  manis diserbu konsumen.

KELEBIHAN
Tak  bisa  dipungkiri  bahwa  sampai kapanpun boneka masih terus  digandrungi para  konsumen  dari  berbagai  kalangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela me n y i s i h k a n   u a n g n y a   h a n y a   u n t u k mengoleksi  aneka  macam  boneka  lucu  yang mereka sukai. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku usaha sehingga  mereka bisa meraup untung besar setiap  bulannya  melalui  boneka-boneka lucu  yang  memiliki  nilai  jual  cukup  tinggi.Selain  minat  konsumen  perorangan yang  masih  sangat  tinggi,  saat  ini  banyak instansi  maupun  perusahaan-perusahaan besar  yang  mulai  memanfaatkan  boneka sebagai salah satu alat promosi yang cukup efekti f.   Kondi si   ini   tentunya  menjadi peluang  besar  bagi  para  produsen  boneka, sebab  permintaan  konsumen  tidak  hanya dari  perorangan  saja  namun  juga  bisa melayani  pesanan  masal  dari  instansi tertentu.

KEKURANGAN
Beberapa kendala yang sering dihadapi  para  pelaku  usaha  boneka  yaitu ketersediaan  bahan  baku  yang  sering terlambat.  Bila  permintaan  sedang  naik, persediaan  bahan  baku  pun  cenderung  sulit ditemukan   s e h i n g g a   mengakibatkan adanya  kenaikan  harga  pada  bahan-bahan tertentu.  Disamping itu,  para pelaku UKM juga  harus bersaing dengan produk boneka buatan  China  yang  harganya  relatif  lebih murah  jika  dibandingkan  dengan  produk buatan Inodnesia. Unt uk  i t u,   sebisa mungkin  jalin  kerjasama  dengan  supplier bahan  baku  yang  terpercaya  agar  proses produksi  boneka  tidak  terhambat  dan  harga jual  yang  ditawarkan  tidak  kalah  bersaing dengan  produk  buatan  luar  negeri

STRATEGI PEMASARAN
U n t u k   m e m p e r l u a s   j a r i n g a n pemasaran  produk  boneka,  Anda  bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam  pameran UKM  y a n g   sering diselenggarakan  instansi  pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, Anda  bisa  mengenalkan  produk-produk unggulan kepada masyarakat
 luas ,menambah   jaringan bisnis, d a n memperbesar  peluang  pasar  yang  dimiliki.Selanjutnya Anda juga   bisa menitipkan  produk  boneka  yang  dihasilkan ke  toko-toko  mainan  anak,  supermarket,
toko aksesoris dan gift, serta beberapa toko lainnya  yang banyak dikunjungi anak-anak da n  r e ma j a   put r i .   S e da ng k a n  untuk memperluas  jangkauan  pasar,  Anda  bisa memanfaatkan  media   massa  seperti memasang  iklan  di  majalah,  koran,  atau memanfaatkan  internet  marketing  sebagai solusi  tepat  pemasaran  UKM.

KUNCI SUKSES
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu Anda terapkan.  Pertama, pupuklah mental juara dalam diri Anda dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan yang  ada.  Jangan  pernah  takut  dengan  persaingan  yang  ada  di  depan  Anda,  karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa Anda manfaatkan. Kedua, teruslah kreatif  dan  inovatif  untuk  menghadapi  gempuran  persaingan  pasar  boneka  yang semakin  pesat.  Bila  kualitas  produk  boneka  yang  Anda  hasilkan  tetap  terjaga,  maka para competitor  pun  akan  kesulitan  dalam  menduplikasi  produk  Anda.

ANALISIS EKONOMI
Asumsi
-  Produksi  boneka  sebanyak  2.000  buah
-  Proses  produksi  dilakukan  di  rumah,  tanpa  menyewa  tempat  usaha

Modal awal
Mesin  jahit  (@  Rp  900.000,00  x  5  buah)       Rp  4.500.000,00
Etalase                                                                  Rp  1.000.000,00
Peralatan  produksi  (jarum,  benang,  gunting,  dll) Rp  1.000.000,00 +
Total                                                                      Rp  6.500.000,00

Peralatan  mengalami  penyusutan,
setelah  masa  pemakaian  sebagai  berikut  :
Mesin  jahit  :  1/48  bulan  x  Rp  4.500.000,00            Rp  93.750,00
Etalase  :  1/36  bulan  x  Rp  1.000.000,00                   Rp  27.800,00
Peralatan  produksi  :  1/12  bulan  x  Rp  1.000.000,00 Rp  83.300,00 +
Total  penyusutan                                                           Rp  204.850,00

Biaya produksi per bulan
Bahan  baku  (dakron,  kain,  benang,  aksesoris)          Rp  10.000.000,00
Gaji  tenaga  borongan  (Rp  500.000,00  x  10  orang) Rp  5.000.000,00
Biaya  listrik  dan  telepon                                              Rp  500.000,00
Biaya  transportasi  dan  jasa  pengiriman  barang           Rp  1.500.000,00
Biaya  promosi                                                              Rp  500.000,00
Biaya  penyusutan  peralatan                                          Rp  204.850,00 +
Total                                                                             Rp  17.704.850,00

Omset per bulan
Penjualan  boneka  :
@  Rp  15.000,00  x  2.000  buah  = Rp  30.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp  30.000.000,00  -  Rp  17.704.850,00 =  Rp  12.295.150,00

Return of Investment (ROI)
(modal  awal  +  biaya  produksi)  :  laba  bersih  per bulan  ±  2  bulan Semoga  informasi  bangkitkan  usaha  kecil menengah  dengan  memproduksi  boneka  ini  bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi salah satu  inspirasi  bisnis  yang  bisa  dijalankan  untuk mendatangkan  untung  besar  setiap  bulannya. Mulai  dari  yang  kecil,  mulai  dari  yang  mudah, mulai  dari  sekarang.  Ayo  berbisnis!!!
 Sumber : majalah bisnisUKM.com

 Read More Article