Mengelola Bisnis Dalam Keluarga

 Manajemen Bisnis Keluarga

http://www.cannon-war.com/signup1.php?recruiter=joban

Setiap jenis usaha,  tentu  memiliki kelebihan  serta  kekurangan  masing-masing. Begitu  pula  bisnis  keluarga,  tak  jauh  berbeda dengan jenis bisnis lainnya, pasti ada kelemahan, meski terdapat berbagai kelebihan yang  tidak  dimiliki  jenis  bisnis  lainnya.Keuntungan  utama  dari  menjalankan bisnis dengan keluarga adalaha adanya kepercayaan yang tinggi antar sesama anggota yang  tentu  saja  tidak  didapatkan  dari  jenis bisnis  lainnya.  Setiap  anggota  keluarga  bisa bekerja  lebih  giat  dan  tidak  membutuhkan kontrak  legal  dan  permasalahan  lain  yang berkaitan  dengan  karyawan.
Keuntungan  lain adalah, keluarga memiliki  kecenderungan  untuk  tetap  bersatu dalam  masa-masa  sulit.  Hal  ini  disebabkan karena  setiap  anggota  memiliki  pemahaman yang  lebih  terhadap  anggota  keluarga  yang lain,  memiliki  argumen,  kerja  sama,  dan pengalaman  bersama-sama.
Dalam  menjalankan  bisnis  keluarga,  ada beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan:

1. Pastikan  Anda  membuat  batasan  yang jelas  tentang  dimana  dan  kapan  Anda  bisa berbicara  tentang  bisnis.  Mencampuradukkan bisnis  dengan  urusan  pribadi  dan  keluarga  bisa be rdampak buruk pada hubungankeluarga.
2. Adakanlah pertemuan  rutin untuk membahas  perkembangan  dan  perbedaan pendapat.
3. Masalah yang  sering  terjadi  dalam  bisnis keluarga adalah terlalu berfoku pada 'keluarga' daripada bisnis, karenanya fokuslah pada  bisnisnya.
4. Pastikan  bahwa  setiap  orang  memiliki peran  yang  jelas,  ini  akan  membantu  untuk menumbuhkan  lingkungan  bisnis  yang  sehat.
5. Anggota keluarga yang berada di dalam bisnis  harus  diperlakukan  secara  adil,  tidak boleh  ada  pilih  kasih  dalam  bisnis.  Gaji  dan keuntungan  yang  adil  dapat  menjadi  awal  yang bagus.
sumber; majalah bisnisukm.com

http://www.marketglory.com/strategygame/joban

Read More Article