Strategi Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

 Cara Promosi Produk yang murah


http://www.cannon-war.com/signup1.php?recruiter=joban

Berbagai bisnis, selalu menjadi konsentrasi  para  pengusaha.   Dari mulai pemasaran  bisnis  yang  membutuhkan biaya cukup besar, sampai strategi pemasaran tradisional  yang  tidak  membutuhkan  biayapun menjadi  alternatif  mereka  untuk  mengenalkan produknya  kepada  para  konsumen.
Salah  satu  strategi  pemasaran  yang  cukup efektif dan banyak  digunakan oleh para pengusaha  yaitu  strategi  pemasaran  “word  of mouth”  atau  pemasaran  dari  mulut  ke  mulut.
Walaupun  dianggap  sebagai  strategi  pemasaran tradisional,  namun  cara  ini  cukup  ampuh  untuk
meyakinkan  para  konsumen.  Bahkan  ada  pula yang  mengatakan  bahwa  68%  konsumen  yang
membeli produk, adalah orang yang mendapatka informasi dari konsumen lain melalui penyebaran
berita  dari  mulut  ke  mulut.Strategi pemasaran word of mouth memang tidak  pernah  dilupakan  oleh  parapelaku  bisnis. Karena  pemasaran  ini   memberikan  banyak kemudahan  dalam  membantu  memasarkkan sebuah  produk  atau  jasa.  Dengan  kekuatanrekomendasi  pribadi  dari  rekan  maupun  orang terdekat, ternyata dapat meningkatkan kepercayaan  konsumen  terhadap  suatu  produk.
Tak  heran  jika  dengan  adanya  pemasaran  dari mulut  ke  mulut,  dapat  meningkatkan  penjualan
sampai  dua  kali  lipat.Selain  itu  pemasaran  dari  mulut  ke  mulut juga  tidak  membutuhkan  biaya,  bisa  dibilang  ini adalah  strategi  pemasaran  gratis  yang  sangat efektif. Terlebih lagi   masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan  suka  bersosialisasi dan berkumpul  hanya  untuk  sekedar  berbagi  cerita, sehingga  kesempatan  untuk  menyebarluaskan informasi  sebuah  produk  atau  jasa  yang  sering mereka gunakan  sangat  terbuka  lebar.  Hal ini  akan menguntungkan  para  pengusaha,  sebab  dengan adanya  word  of  mouth  akan  memunculkan loyalitas  pelangganterhadap  produk  Anda.
Dalam menjalankan strategi pemasaran dari mulut  ke  mulut,  Anda  dapat  menggunakanbeberapa  cara.  Antara  lain  sebagai  berikut  :

1. Lakukan  pemasaran  kepada  orang yang  paling  berpengaruh  dalam  satu  komunitas, mengetahui tentang perkembangan  produk terbaru,  serta  senang  berbagi  cerita  kepada  rekan atau  kerabatnya  mengenai  hal  –  hal  yang  mereka ketahui.  Sehingga  semakin  banyak  orang  yang mengetahui  informasi  mengenai  bisnis  Anda  dan menyebarluaskan  informasi   tersebut   kepada konsumen  lain.

2. Memberikan  pelayanan  yang  terbaik bagi setiap konsumen. Konsumen yang memperoleh  kepuasan  dari  sebuah  produk  atau jasa, secara tidak langsung akan menginformasikan  kelebihan  produk  atau  jasa tersebut kepada orang lain. Sehingga kepercayaan mereka  terhadap  suatu  produk  akan  meningkat, karena  adanya  rekomendasi  dari  teman  atau kerabatnya.

3. Buatlah usaha yang unik dan menarik, dengan  demikian  menarik  para  pencari  berita untuk  meliput  usaha  Anda.  Dengan  adanya liputan  dari berbagai  media, dapat meningkatkan minat  masyarakat  untuk  menyebarkan  sebuah informasi.  Sehingga  pemasaran  dari  mulut  ke mulutpun  semakin  meluas,  karena  masyarakat cenderung  menyukai  berita.Namun  disamping  memberikan  banyak keuntungan, pemasaran dari mulut ke mulut juga menjadi  bom  waktu  bagi  perusahaan  yang  tidak menjaga  kualitas  produknya.  Karena  masyarakat akan menyebarluaskan segala berita, baik kelebihan  produk  maupun  kekurangan  produk.
Apabila  ada  konsumen  yang  kecewa  dengan produk  Anda,  maka  bukan  mustahil  lagi  jika konsumen  tersebut  akan  mengabarkan  hal  buruk tersebut  kepada  rekan  dan  kerabatnya.Oleh  karena  itu,  tingkatkan  terus  kualitas produk  yang  Anda  tawar kan  dan  biarkan konsumen  yang  membantu  pemasaran  bisnis Anda.  Semoga  informasi  pemasaran  ini  dapat bermanfaat,  salam  sukses.
sumber: majalah bisnisukm.com

 Read More Article