Cara Melakukan Riset Pasar
riset pasar merupakan salah satu poin penting untuk sukses bisnis Anda. Umumnya, orang orang yang ingin memulai bisnis kurang memperhatikan aspek ini. Riset pasar dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Umumya orang melakukannya secara offline. Tujuan dari riset pasar adalah bagaimana kita dapat mengetahui perilaku atau kebutuhan konsumen yang berkaitan dengan produk yang akan kita jual.
Langkah awalnya, tentukan target market dari produk yang akan Anda jual. Bisa berupa data gender, usia, tingkat pendapatan, dan beberapa data penunjang lainnya yang Anda buat daftar. Dari data tersebut, Anda bisa buat Polling dan kemudian menarik kesimpulan. Semakin besar hasil polling yang berkesusaian dengan produk Anda maka umumnya semakin besar pula potensi produk Anda untuk laku dibeli oleh konsumen.
Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, maka ada lembaga riset yang bisa membantu Anda,
namun tentunya ada biaya yang harus Anda keluarkan. Umumnya riset pasar secara offline
membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu lebih lama. Sehingga bagi seorang pemula langkah mudahnya mel akukan riset potensi pasar bisa dilakukan secara online. biaya dan waktunya bisa sangat rendah dengan hasil riset yang cukup akurat.Alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset online Anda bisa menggunakan Google Adwords Keyword Tools. Salam SUKSES!
sumber: majalah bisnisukm.com
Did you think about picking the ultimate Bitcoin exchange service - CoinMama.
ReplyDelete