Thursday, September 24, 2015

kesalahan dalam bertransaksi online

kesalahan belanja di ecomerse


beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah isu bahwa ada kecurangan dalam sebuah ecomerce terutama dalam pengiriman barangnya yang melebihi biaya pengiriman pada umumnya. pertama saya juga bingung bagaimana bisa itu terjadi. tentu saja pembeli merasa kecewa dan menyalahkan penjualnya sebagai penipu atau dsb

padahal sebagai penjual hal itu tidak mungkin terjadi, menggelembungkan ongkos kirim, kecuali penjual menggelembungkan beratnya tentu ini akan menguntungkan penjual namun tetap saja akan keliatan di resi berapa biaya yang di keluarkan


setelah kejadian itu ternyata saya mengalami juga apa yang di alami oleh pembeli tersebut.kejadiannya adalah sebagai berikut, konsumen membeli sebuah barang ke ane, setelah invoice di terima. saya terkejut dengan biaya pengirimannya yang mencapai 110 ribu, saya berpikir mo dikirim kemana dan apa yang di pesan.

selidik punya selidik ternyata barangnya tidak sampai satu kilo, biaya pengiriman yang sebenarnya pun cumma 11 rb, berarti telah terjadi penggelembungan sebesar 100%. saya coba tanya konsumen, dia bilang hanya mengikuti invoice saja.

saya pun berpikir bagaimana mungkin sistemnya mengalami kesalahan: setelah dipikir-pikir kembali kemungkinan itu bisa saja dan penyebabnya sebagai berikut
1. pembeli tidak merubah kota tujuan
untuk menghitung ongkir kota tujuan harus dulu di seting selain kita menyertakan alamat, karena jika tidak maka biaya akan di hitung ke kota yang lain

2. account alamat tidak di save
jika pembeli membeli barang, ada yang langsung mensetingnya dari accountnya, dan ada yang langsung mengetiknya atau menseting manual tidak mengambil dari accountnya, hal ini menjadikan sistem akan menloading/mensearch alamat yang di tuju, dan kemungkinan terjadi error sangat besar yang menyebabkan ongkir tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya

antisipasi
sebaikanya pembeli tidak menset manual alamatnya, biasakan untuk membuat account dan login ketika ingin melakukan pembelian agar terhindar dari kesalahan atau error sistem.

sekian kesalahan dalam bertransaksi online. semoga membantu. salam sukses

Read More Article

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...