BISNIS ONLINE DARI RUMAH

BISNIS ONLINE DARI RUMAH UNTUNGNYA JUTAAN RUPIAH

Dengan merintis bisnis online dari rumah, tentunya Anda bisa mendatangkan untung jutaan rupiah tanpa harus mengorbankan waktu bersama keluarga tercinta.

Di era serba informatif seperti sekarang ini, tentunya bukan sesuatu yang mustahil lagi bila kita bekerja atau mencari sumber penghasilan tanpa harus keluar rumah. Berbagai macam peluang bisnis bahkan bisa dijalankan para pemula maupun pelaku usaha tanpa harus capek-capek seharian bekerja di kantor, karena mereka bisa menjalankannya dari rumah. Salah satunya saja seperti bisnis online dari rumah yang menjanjikan untung jutaan rupiah bagi para pelakunya.

Pesatnya perkembangan teknologi dan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia, menjadi salah satu pendorong pesatnya pertumbuhan bisnis online di negara kita. Bila sebelumnya kita melakukan transaksi jual beli secara langsung (konvensional), sekarang ini masyarakat Indonesia mulai beralih ke pasar maya dan telah terbiasa dengan transaksi jual beli online. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mendulang keuntungan besar dengan merintis bisnis online dari rumah.

Target Pasar Bisnis Online
Kendati bisnis online Anda dijalankan dari rumah, namun tidak menutup peluang bagi Anda untuk membidik target pasar yang cukup luas. Jaringan internet yang tanpa batas serta sistem online selama 24 jam nonstop yang Anda dapatkan ketika merintis bisnis online, menjadikan peluang bisnis rumahan ini mudah diakses calon konsumen dari berbagai pelosok daerah. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila Anda bisa membidik seluruh masyarakat dunia sebagai calon konsumen potensial Anda.

Namun meski begitu, sesuaikan target pasar yang Anda bidik dengan bidang usaha online yang Anda jalankan. Misalnya Anda membuka toko baju online dari rumah, maka target pasar yang bisa Anda bidik meliputi wanita, pria, dewasa maupun anak-anak, disesuaikan dengan fokus produk yang Anda pasarkan.
Memulai Bisnis Online di Rumah
Menjalankan bisnis online dari rumah memang terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Akan tetapi, tentunya dibutuhkan kedisiplinan dan tekad yang kuat dari para pelakunya, sebab untuk menjalankan bisnis tersebut Anda dituntut untuk bisa mengatur urusan bisnis dan rumah tangga dengan porsi yang seimbang. Karenanya, bagi Anda para pemula yang sedang bingung darimana akan memulai bisnis online, berikut kami informasikan beberapa persiapan yang perlu diperhatikan pemula sebelum terjun di ranah maya.

Ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah. Untuk itu langkah pertama yang perlu Anda jalankan adalah menentukan jenis usaha yang akan Anda jalankan. Contohnya saja seperti membuka toko online, bisnis afiliasi, publisher iklan, penulis online, dan lain sebagainya.
Apabila Anda telah menentukan ide bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda, langkah berikutnya yaitu mempelajari seluk beluk bisnis online. Baik itu cara membuat website, cara mendatangkan pengunjung, strategi promosi online, pengelolaan konsumen, dan lain sebagainya.
Ketiga yaitu mempersiapkan peralatan, perlengkapan, dan stok produk atau jasa yang akan ditawarkan. Apabila Anda ingin terjun menekuni bisnis jual beli online, maka Anda perlu memperluas jaringan bisnis untuk mencari supplier ataupun produsen yang bisa diajak bekerjasama. Sedangkan apabila Anda ingin menekuni bisnis jasa online, maka tingkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan Anda dibidang usaha yang dijalankan agar konsumen yakin dengan kualitas pelayanan yang Anda berikan.
Meningkatkan ilmu di bisnis online baik melalui seminar, membaca buku, mengikuti kelas online, video tutorial, maupun bergabung dengan komunitas pebisnis online untuk bisa sharing berbagai pengalaman di dunia maya.
Buatlah sistem pembayaran dan pengiriman barang yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Dalam transaksi jual beli online, sistem pembayaran dan proses pengiriman barang menjadi dua poin penting yang tak boleh diabaikan para pelaku usaha. Untuk itu buatlah sistem yang memberikan kenyamanan bagi para konsumen namun tetap memperhatikan keamanan bisnis Anda dalam bertransaksi.
Keuntungan Bisnis Online Dari Rumah
bisnis rumahanAda banyak keuntungan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika merintis bisnis online dari rumah. Pertama, Anda tidak membutuhkan banyak modal karena Anda tidak perlu menyewa gedung perkantoran maupun tempat usaha lainnya untuk membuka usaha rumahan tersebut. Kedua, jangkauan internet yang cukup luas membantu pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produknya dengan mudah dan murah baik di lingkup lokal maupun pasar global.

Ketiga, bila modal usaha Anda terbatas, maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan para supplier atau produsen untuk mendapatkan foto produk yang bisa dijual di dunia maya, namun jika Anda tertarik di bidang jasa online, Anda bisa memilih peluang bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal besar, seperti misalnya publisher iklan, penulis online, desainer website, dan lain sebagainya.

Dengan merintis bisnis online dari rumah, tentunya Anda juga memiliki banyak waktu untuk keluarga, terutama apabila kita seorang ayah ataupun ibu dengan anak yang masih kecil (balita). Pastinya kita tidak ingin melewatkan perkembangan buah hati tercinta hanya karena sibuk bekerja di kantor.

Kendala dan Hambatan Bisnis Online Dari Rumah
Meski peluang bisnis online menjanjikan keuntungan yang cukup besar, namun di satu sisi kendala dan hambatannya pun juga perlu kita waspadai dari sekarang. Mengingat bisnis online bisa diakses setiap orang, tidak menutup kemungkinan bila diantara mereka ada yang berbuat curang dan melakukan tindak kriminal untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Kondisi seperti inilah yang pada akhirnya membuat sebagian besar konsumen belum begitu yakin dengan transaksi jual beli online. Untuk mengatasi kendala tersebut, ada baiknya bila Anda mencantumkan profil perusahaan dengan sebenar-benarnya dan memberlakukan sistem cash on delivery untuk melayani konsumen dalam kota.

Kendala berikutnya yang sering dihadapi para pelaku usaha adalah minimnya pengetahuan konsumen akan bisnis online. Walaupun saat ini setiap orang bisa mengakses internet dengan mudah, namun pengetahuan dan kemampuan konsumen akan bisnis online masih sangat minim. Untuk itu, bagi Anda para pemilik bisnis online, hendaknya buat tampilan website toko online Anda sesederhana mungkin agar konsumen mudah mengakses situs online tersebut, kemudian promosikan bisnis Anda melalui facebook, twitter, ataupun blackberry messenger karena sekarang ini banyak konsumen yang familiar dengan internet hanya sebatas situs jejaring sosial yang sering mereka gunakan.

Strategi Pemasaran Bisnis Online Dari Rumah
bisnis onlineBerbagai strategi pemasaran bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis online yang Anda jalankan dari rumah. Mulai dari membuat website toko online yang menarik untuk mendatangkan banyak konsumen, menggunakan keyword atau kata kunci khusus yang banyak dicari konsumen di mesin pencarian, menggunakan teknik SEO untuk mendongkrak rating website Anda, memanfaakan beberapa millist untuk meningkatkan trafik kunjungan, hingga membuat konten-konten menarik dan aktif berpromosi di sosial media untuk membangun brand image bisnis online Anda di mata para konsumen.

Semakin aktif Anda berpromosi, maka semakin besar pula kepercayaan yang muncul dari konsumen. Sebab di mata para konsumen, website atau bisnis toko online yang dikelola secara profesional adalah situs-situs yang memiliki tingkat aktivitas cukup tinggi. Aktivitas yang dimaksud tentunya dilihat dari seberapa sering Anda melakukan pembaharuan di website toko online dan seberapa sering Anda mempromosikan bisnis online tersebut di ranah maya maupun pasar nyata.

Kunci Kesuksesan Bisnis Online Dari Rumah
Tiga kunci utama yang perlu Anda pegang dalam menjalankan bisnis online adalah menjaga kejujuran Anda dalam berpromosi, selalu memberikan inovasi baru agar konsumen tak beralih ke situs online lainnya, dan yang ketiga yaitu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen baik dalam bertransaksi maupun dalam mengakses situs bisnis online yang Anda miliki. Hal ini penting, karena dalam dunia maya kepercayaan menjadi modal utama konsumen dalam bertransaksi, dan satu lagi mereka menginginkan semuanya serba praktis karena bisnis online merupakan media alternatif bagi konsumen untuk bisa belanja dengan lebih mudah.

Analisa Ekonomi Bisnis Online Dari Rumah
Asumsi
Membuka bisnis sepatu online dari rumah

Modal awal
1 unit laptop                                        Rp 3.000.000,00
Modem internet                                   Rp   250.000,00+
Total modal                                         Rp 3.250.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah 3 tahun :
1/36 x Rp 3.250.000,00 = Rp 90.300,00

Biaya operational per bulan
Modal kulakan sepatu 100 pasang              Rp 5.000.000,00
Biaya modem internet                                 Rp   300.000,00
Biaya listrik dan telepon                              Rp   500.000,00
Biaya penyusutan peralatan                         Rp    90.300,00+
Total biaya operasional per bulan                Rp 5.890.300,00

Omzet per bulan
Harga jual sepatu Rp 75.000,00/ pasang
Penjualanper bulan :
Rp 75.000,00 x 100 psg                               Rp 7.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 7.500.000,00 - Rp 5.890.300,00            Rp 1.609.700,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)   =       ± 2 bulan
Cukup menguntungkan bukan? Semoga informasi peluang bisnis online dari rumah untungnya jutaan rupiah ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan dari sekarang. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
sumber: Bisnisukm.com

Read more Article