Cara Jual Beli Online Yang Aman

Tips Sukses Jual Beli Online


Bagi pemula yang masih bingung bertransaksi online. Berikut saya informasikan tips sukses jual beli online agar Anda terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.
jual beli onlineDi era digital seperti sekarang ini, rasanya transaksi jual beli online menjadi salah satu gaya hidup baru yang mulai familiar di kalangan masyarakat. Bila dulunya masyarakat masih cukup kesulitan untuk melakukan transaksi online, belakangan ini mereka mulai terbiasa menggunakan gadget atau smartphone untuk bisa terhubung dengan dunia maya.
Perubahan ini tentunya secara tidak langsung menuntut para pelaku bisnis untuk mulai menyesuaikan diri beralih ke toko online agar bisnisnya bisa terus bertahan di tengah gempuran pasar. Karenanya, bagi Anda yang masih bingung untuk beralih ke toko online. Berikut saya informasikan tips sukses jual beli online agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Perhatikan masalah pengiriman barang
Saya sangat menyarankan untuk menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya. Jasa pengiriman yang terpercaya itu bisa dilihat dari :

  1. Lama berdirinya perusahaan jasa pengiriman
  2. Kuat tidaknya sistem pengiriman
  3. Luasnya jaringan yang dimilikinya
  4. Ada tidaknya sistem resi (tanda bukti) pengiriman
  5. Ada tidaknya sistem garansi atau asuransi apabila terjadi kesalahan pada jasa pengiriman
Pengalaman saya dalam menentukan jasa pengiriman yang dapat kita percaya adalah jasa pengiriman tersebut memang harus kita coba dulu. Memang bisa jadi terjadi komplain atau kerugian bila ternyata jasa pengiriman melakukan kesalahan, tapi itu tidak mengapa, itu berarti Anda telah menemukan jasa pengiriman yang tidak tepat untuk bisnis Anda. Namun setelah Anda mendapat jasa pengiriman yang dapat Anda andalkan, Anda akan dapat terus menggunakannya untuk bisnis Anda.
Adanya resi tanda bukti pengiriman juga penting. Karena resi tersebut digunakan untuk melakukan tracking (pelacakan) barang telah sampai di mana. Saya beberapa kali mengirim barang namun barang tersebut belum diterima oleh penerima yang saya tujukan. Setelah saya cek nomor resi ternyata barang tersebut telah diterima, namun diterimanya oleh sekretaris atau resepsionis hotel di kantor tempat dia berada. Dengan sistem ini Anda bisa mengatasi komplain apabila ditemukan barang Anda belum sampai tujuan.
Apabila terjadi pengiriman dari supplier dan ternyata akhirnya barang belum Anda terima karena sedang tidak di tempat, di sinilah gunanya nomor resi untuk melakukan tracking. Selalu minta nomor resi pengiriman dari Supplier, agar anda dapat melacak posisi dan lokasi perjalanan kirim pesanan Anda.
Memilih supplier online yang tepat
Dalam memilih supplier yang tepat, tentu sekali lagi kita harus mencoba membeli dari berbagai macam supplier. Pengalaman saya dalam mencari supplier online menemukan ternyata banyak toko online yang tidak menerapkan customer service dengan tepat dan benar. Terkadang SMS atau e-mail tidak dibalas (mungkin dibalas tapi setelah berhari-hari atau berminggu-minggu), dan telepon pun tidak diangkat.
Supplier yang susah dihubungi seperti ini juga menandakan bahwa si supplier akan susah dihubungi di masa datang, jadi saran saya supplier yang semacam ini kita pending atau blacklist. Mungkin bisa dicoba beberapa bulan lagi, siapa tahu supplier tersebut sudah semakin baik manajemennya.
Apabila kita telah setuju untuk membeli barang dari supplier dan apabila ini adalah pembelian pertama Anda, saran saya belilah dalam jumlah yang relatif sedikit dulu. Maksudnya adalah agar bila terjadi kerugian (seperti ditipu, barang tidak sampai, kontak menghilang), kerugiannya pun tidak terlalu besar. Apabila setelah dicoba memesan beberapa kali dan lancar, maka boleh untuk memesan dalam jumlah yang lebih banyak.
Perlu juga kita mencari toko si supplier secara offline, agar kita bisa bertemu langsung dengan pemilik perusahaan, di samping agar dapat meningkatkan kepercayaan dan kerjasama antara Anda dengan supplier. Sekali lagi, untuk mencari partner bisnis yang tepat seperti supplier memang dibutuhkan proses dan waktu. Tidak serta merta setiap supplier akan cocok dengan kita.
Semoga cukup membantu, salam sukses!
Read More Article