Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha Bermodalkan Tabungan Pribadi


Untuk memulai usaha tak selamanya harus menunggu datangnya kucuran modal besar dari para calon investor. Anda bisa memulai usaha dengan modal tabungan pribadi.

Tak sedikit diantara kita yang masih kebingungan mencari tambahan modal untuk memulai sebuah usaha. Padahal, sebenarnya untuk memulai usaha tidak selamanya harus menunggu datangnya kucuran modal besar dari para calon investor.

Sebagai pemula, Anda bisa menyiasati kondisi seperti ini dengan cara memulai usaha bermodalkan tabungan pribadi. Meski secara finansial jumlahnya tak sebesar kucuran dana dari para investor, namun Anda bisa mendapatkan banyak pembelajaran ketika memutuskan memulai usaha dari nol dengan menggunakan tabungan pribadi Anda.

Cara ini sengaja kami sarankan kepada para pemula, sebab resikonya tak sebesar apabila Anda memulai usaha bermodalkan dana pinjaman. Simak beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan para pemula untuk mengelola keuangan usaha yang dirintis menggunakan tabungan pribadi.
Harus bisa mengatur anggaran belanja

Sebagai pemula, tantangan pertama yang harus kita selesaikan dengan baik adalah mampu mengatur anggaran belanja dengan efisien. Tips yang satu ini perlu kita praktekkan karena kebanyakan pemula terlalu berlebihan ketika membelanjakan modal uang yang mereka miliki. Ketika menggunakan modal tabungan pribadi, tentunya Anda harus berpikir ulang untuk membuat anggaran belanja. Hindari pembelian barang yang tidak terlalu penting, agar modal Anda bisa berputar dengan cepat.
Jangan merekrut karyawan terlalu banyak

Di awal merintis usaha, sebaiknya jangan sia-siakan modal Anda dengan merekrut karyawan terlalu banyak. Apabila masih belum terlalu repot, Anda bisa mengoptimalkan peran keluarga seperti suami, anak, atau kerabat dekat untuk mengurangi pengeluaran gaji karyawan di awal-awal memulai usaha. Anda bisa menambah tenaga kerja, jika dirasa perkembangan bisnis Anda mulai pesat dan membutuhkan tambahan tenaga untuk menghandel semua konsumen.
Tak terburu-buru untuk mengambil keputusan

Dengan keterbatasan modal yang Anda miliki, pastikan bahwa Anda mengambil segala macam keputusan dengan bijak. Pasalnya, di awal karir merintis usaha biasanya semangat yang dimiliki para pelaku usaha masih full sehingga semua aktivitas bisnis inginnya dilaksanakan pada awal usaha. Langkah inilah yang perlu Anda hindari sejak dini. Sebab, bisa jadi keputusan yang Anda ambil di awal usaha tak sesuai dengan perkembangan pasar ke depannya.

Jalankan bisnis Anda secara bertahap, karena pada dasarnya kesuksesan bisa kita raih melalui sebuah proses. Hindari sistem kebut semalam, dan belanjakan keuangan usaha Anda dengan bijak. Salam sukses!
sumber: majalah bisnisUKM.com

Read more Article