Membangun Loyalitas Pelanggan

Membangun Loyalitas Pelanggan Dengan Kolom Tentang Kami

Melalui kolom “Tentang Kami” yang dituliskan pebisnis online di halaman website mereka, para calon konsumen bisa mengetahui dengan siapa mereka bertransaksi.
kolom tentang kamiBanyaknya kasus penipuan online yang belakangan ini sering terjadi di ranah maya, ternyata turut mempengaruhi tingkat kepercayaan calon konsumen toko online. Tak sedikit diantara mereka yang akhirnya trauma untuk melakukan transaksi pembelian di ranah maya, mengingat sebelumnya mereka mendapatkan pengalaman yang kurang mengenakkan karena terjebak iming-iming palsu dari oknum tak bertanggung jawab yang menawarkan bonus cukup menggiurkan di ranah online.
Kondisi inilah yang sekarang ini menjadi PR besar bagi para pemilik toko online. Sebab, mereka harus mampu meyakinkan calon konsumen agar bisa merasa nyaman dan aman untuk kembali bertransaksi di ranah online. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kolom “Tentang Kami” untuk membangun loyalitas pelanggan toko online.

Melalui kolom “Tentang Kami” yang dituliskan para pebisnis online di halaman website mereka, para calon konsumen bisa mengetahui dengan siapa mereka bertransaksi dan bagaimana latar belakang toko online yang Ia kunjungi. Cara ini memang cukup efektif, terbukti beberapa konsumen tertarik melakukan pembelian di ranah maya setelah membaca kolom “Tentang Kami” yang dicantumkan para pemilik toko online.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu dituliskan para pelaku bisnis toko online agar bisa membangun loyalitas pelanggan dengan kolom “Tentang Kami”.

Ceritakan sejarah dan latar belakang toko online
Agar bisa mengenal Anda lebih dalam, ada baiknya bila di halaman “Tentang Kami” Anda menuliskan sejarah berdirinya toko online Anda, apa latar belakang Anda mendirikan toko online tersebut dan tuliskan pula visi dan misi perusahaan/ bisnis toko online Anda. Setelah mereka mengenal siapa Anda, maka tak menutup kemungkinan bila kedepannya mereka tak sungkan-sungkan untuk melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.

Tuliskan pula tanggal berdirinya toko online
Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian, beberapa konsumen berusaha meyakinkan diri mereka dengan mencari tahu seberapa lama Anda berkecimpung di bisnis toko online. Semakin lama Anda menggeluti bidang bisnis tersebut, maka semakin tinggi pula profesionalisme yang dimiliki, sehingga calon konsumen semakin loyal untuk melakukan transaksi pembelian di website toko online Anda.

Informasikan contact person Anda
Salah satu poin yang dicari konsumen ketika membuka kolom tentang kami yaitu mengetahui contact person pemilik toko online. Dalam hal ini informasi yang dibutuhkan meliputi nomor telepon/ handphone, alamat rumah/ kantor, PIN BB, alamat email, serta akun sosial media yang dimiliki. Melalui informasi tersebut, calon konsumen bisa menjalin komunikasi dengan penjual sebelum mereka meyakinkan dirinya untuk melakukan transaksi pembelian.

Informasikan peta lokasi dan foto toko offline
Apabila Anda juga memiliki toko offline, tak ada salahnya bila untuk meningkatkan loyalitas konsumen Anda juga mencantumkan beberapa foto toko offline Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan peta lokasi kantor atau toko offline Anda agar bisa memudahkan calon konsumen untuk bekunjung langsung ke lokasi bisnis Anda.

Jelaskan keunggulan bisnis toko online Anda
Untuk meyakinkan calon konsumen Anda, jelaskan pula beberapa keuntungan yang didapatkan konsumen ketika berbelanja di toko online Anda. Meski cara ini sudah banyak dilakukan para pemilik toko online, namun ternyata langkah ini cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong mereka untuk segera melakukan transaksi pembelian.

sumber:majalah bisnisUKM.com

Read more Article