Strategi Jangka Panjang Bisnis Online

Menghadapi Persaingan Toko Online Dengan Menjadi Pemasok


Untuk menyiasati ketatnya persaingan pasar di bisnis toko online, Anda bisa membuat perencanaan jangka panjang dengan mulai beralih menjadi seorang pemasok. toko online Melihat grafik pertumbuhan bisnis di internet yang pergerakannya cenderung naik, bisa dipastikan bila belakangan ini tingkat persaingan pasar di bisnis toko online juga menunjukkan peningkatan yang sangat pesat.
Banyaknya kisah atau pengalaman para pelaku usaha yang pada akhirnya bisa meraih kesuksesan setelah menekuni bisnis di dunia maya, ternyata turut mendorong hampir setiap orang baik itu pemula maupun pelaku usaha yang sebelumnya telah menekuni usaha secara konvensional, untuk mulai terjun mengembangkan bisnisnya di ranah digital.
Menghadapi kondisi persaingan yang seperti ini, tentu sebagai pelaku bisnis toko online Anda tak bisa hanya berpangku tangan. Untuk menyiasati ketatnya persaingan pasar di bisnis toko online, Anda bisa membuat perencanaan jangka panjang dengan mulai beralih dari seorang pengecer (reseller) menjadi seorang pemasok online.

Sudah siapkah Anda menghadapi persaingan toko online dengan menjadi pemasok? Sedikitnya ada tiga tanda yang bisa Anda gunakan sebagai “patokan” untuk melihat sejauh mana kesiapan bisnis toko online Anda untuk berkembang menjadi seorang pemasok.
Pertumbuhan laba yang cenderung stabil
Meski kebanyakan pemula mengawali bisnis toko onlinenya dengan menjadi seorang pengecer, namun tidak menutup kemungkinan bila kedepannya mereka bisa menjadi pemasok bagi pelaku bisnis toko online lainnya. Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa toko online Anda pantas menjadi pemasok yaitu dengan melihat 


besarnya laba yang diterima dari setiap penjualan yang didapatkan.
Sebagai pemasok tentunya Anda harus siap untuk menjual produk dengan harga yang lebih murah dari harga jual para pengecer. Bahkan, ada beberapa pengecer atau reseller yang menginginkan potongan harga cukup besar dari para pemasok. Oleh sebab itu, sebelum menjadi pemasok pastikan bahwa pertumbuhan laba bisnis toko online Anda sudah cukup stabil dan jumlahnya cukup signifikan. Dengan begitu, kondisi keuangan bisnis toko online Anda masih bisa stabil meskipun Anda menjual produk dengan harga grosir.
 

Permintaan barang relatif tinggi
Indikasi kedua yang bisa Anda jadikan sebagai patokan yaitu adanya permintaan barang yang relatif cukup tinggi setiap harinya, sehingga tak jarang Anda mulai menemui kesulitan untuk memenuhi semua permintaan konsumen. Tingginya permintaan konsumen menjadi bukti nyata bahwa produk Anda diminati banyak konsumen dan peluang pasarnya masih sangat terbuka lebar.
Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para pelanggan, Anda bisa membuka cabang atau merekrut beberapa reseller untuk melayani permintaan konsumen. Dengan begitu, Anda tidak keteteran untuk melayani setiap pertanyaan konsumen dan bisa mereferensikan reseller atau agen cabang untuk mendapatkan stok barang yang di toko online Anda sedang kosong.
 

Banyak orang yang tertarik menjadi reseller
Tanda ketiga yang menunjukkan kesiapan toko online Anda untuk beralih menjadi pemasok yaitu dengan melihat antusiasme masyarakat yang tertarik bergabung menjadi reseller. Ketika banyak orang berbondong-bondong datang kepada Anda untuk bergabung menjadi reseller, maka hal ini menjadi tanda bahwa ini merupakaan saat yang tepat bagi Anda untuk beralih menjadi pemasok.
Sebagai langkah awal Anda bisa menggandeng seorang reseller produk terlebih dahulu, bila langkah tersebut menunjukkan kesuksesan dan banyak konsumen yang melakukan pembelian melalui agen tersebut. Maka selanjutnya Anda bisa menambahkan jumlah reseller di daerah lain yang sekiranya potensial.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!

sumber majalah bisnisukm.com


Read More Article