Bagaimana Memamfaatkan Pinterest Untuk Bisnis Online

Manfaat Sosial Media Pinterest Bagi Toko Online

Meski Pinterest bisa dikatakan sosial media yang masih baru, namun pinterest sudah mampu memberikan hasil yang memuaskan bagi para pelaku bisnis toko online.


Pinterest MarketingKehadiran sosial media di jaman modern seperti sekarang ini telah membawa banyak perubahan untuk dunia komunikasi. Sosial media tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi, tetapi juga menjadi sarana untuk mencari teman, berbagi foto bahkan sebagai sarana promosi bagi suatu bisnis toko online.


Berbagai macam sosial media populer seperti Twitter, Facebook hingga Instagram mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Dan salah satu sosial media lainnya yang mempunyai banyak manfaat jika digunakan secara optimal adalah Pinterest.


Pinterest adalah salah satu sosial media yang dapat dikatakan masih baru, namun pinterest sudah mampu memberikan hasil yang memuaskan bagi para pelaku bisnis dalam mempromosikan barang dagangan kepada masyarakat luas.

Cara menggunakan sosial media pinterest ini cukup mudah karena pelaku bisnis tinggal membuka akun, mengupload gambar yang disertai dengan deskripsi produk. Dengan begitu para pengunjung sudah bisa melihat produk yang Anda tawarkan melalui gambar tersebut.

Namun, kenyataannya pelaku bisnis yang menggunakan pinterest untuk promosi bisnis masih terhitung cukup sedikit. Hal itu disebabkan masih belum pahamnya mereka dengan cara penggunaannya.

Padahal, jika para pelaku bisnis mau meluangkan sedikit waktunya untuk mempelajari cara menggunakan pinterest, pastinya pinterest bisa meningkatkan penjualan bisnis toko online seperti halnya melalui sosial media facebook dan twitter.

Berikut adalah manfaat sosial media pinterest bagi toko online yang perlu Anda ketahui.


  1.     Sebagai media promosi atau untuk mengenalkan produk yang pelaku bisnis jual sehingga bisa lebih spesifik lagi. Biasanya, toko online mempromosikan produk terlaris mereka kepada para konsumen dengan tujuan agar mereka tidak menemukan kesulitan dalam mendapatkan produk yang diminati dengan kualitas terbaik. Jika para pelaku bisnis toko online memutuskan untuk menggunakan pinterest sebagai media promosi, maka secara langsung kesan professional dari bisnis toko online Anda akan muncul karena adanya fasilitas broad telah tersedia untuk menunjukkan hal tersebut. Para pelaku bisnis biasanya mengisi board dengan berbagai produk sehingga konsumen akan semakin mudah dalam menentukan produk yang akan mereka beli.
  2.     Sosial media pinterest adalah salah satu media promosi yang memberikan sebuah kepastian kepada para konsumen tentang kualitas produk yang mereka jual. Pelaku bisnis toko online juga bisa mengumpulkan beberapa testimoni dari konsumen yang telah melakukan transaksi pembelian melalui board yang telah disediakan. Sesuaikan juga testimoni yang ada dengan gambar produk sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi para konsumen atau pelanggan.
  3.     Sosial media pinterest juga dapat memudahkan para pelaku bisnis toko online dalam menjelaskan produk-produk yang mereka jual kepada para konsumen melalui gambar. Misalnya saja pelaku bisnis menjelaskan mengenai bagaimana cara melakukan pemesanan produk melalui toko online. Semua itu bisa dipermudah dengan Anda menyajikan sebuah gambar berisikan tutorial mulai dari proses awal sampai akhir. Kemudian kumpulkan gambar-gambar tersebut pada pinterest dengan satu board.
  4.     Manfaat pinterest bagi toko online yang lainnya adalah branding. Dalam sebuah bisnis lokal maupun toko online, brand adalah hal penting yang dibutuhkan untuk memaksimalkan penawaran produk. Dengan brand inilah masyarakat dapat dengan mudah mengenali produk serta kualitas produk yang Anda tawarkan. Sehingga brand dapat meningkatkan produktifitas penjualan yang berujung mendatangkan keuntungan.

Dengan mengetahui manfaat sosial media pinterest bagi toko online tersebut, setidaknya para pelaku bisnis toko online dapat mempertimbangkan begitu banyaknya manfaat sosial media pinterest bagi toko online. Semoga bermanfaat. Salam sukses!
sumber: futuready.com

Read More Article