Analisis Usaha Bisnis Murah-Kue Serabi

Manisnya Bisnis Pensiunan Dari Sepiring Kue Serabi

Melihat begitu besarnya respon pasar, tentu saja menjadikan peluang bisnis kue serabi sangat menjanjikan dan cocok sebagai bisnis pensiunan.
Pernahkah Anda makan kue serabi? Kue serabi merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang menjadi warisan nenek moyang kita dan sampai saat ini masih terus ada di sekitar kita.
Meski bentuknya sederhana, namun cita rasanya yang manis dan gurih tak kalah nikmat dengan kue-kue modern yang pilihannya semakin beragam di pasaran. Cita rasa yang khas dari kue serabi ini sangat cocok di lidah orang-orang Indonesia, apalagi jika kue serabi dinikmati bersama secangkir teh di sore hari.
Bila awalnya kue serabi ini banyak ditemukan di daerah Bandung dan juga Surakarta, sekarang ini kue serabi sudah mulai diperjualbelikan di toko kue maupun restoran yang ada di penjuru nusantara. Penyajiannya pun kini sangat beragam. Dulu serabi hanya memiliki dua macam rasa yaitu polos bersaus kinca dan juga oncom, namun sekarang ini serabi sudah banyak varian rasanya mulai dari serabi keju, sosis, blueberry, coklat, pisang, strawberry dan lain sebagainya.
Melihat begitu besarnya respon pasar, tentu saja menjadikan peluang bisnis kue serabi sangat menjanjikan dan cocok sebagai bisnis pensiunan. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa membuka kedai serabi aneka rasa sebagai bisnis pensiunan.
Hal paling penting dalam menjalankan bisnis pensiunan yang satu ini adalah selalu menjaga cita rasa yang khas dari serabi yaitu rasa manis dan gurih karena ada campuran kelapa di dalamnya. Sehingga apapun topping yang Anda gunakan, serabi akan tetap pas di lidah orang Indonesia.

Konsumen

Meskipun serabi adalah jenis makanan tradisional yang sangat sederhana, namun peluang bisnis membuka kedai kue serabi sangat terbuka lebar. Mengingat begitu banyak orang yang suka dengan  jajanan atau makanan tradisional. Selain itu, rasa gurih dan manisnya serabi dapat dinikmati oleh semua kalangan dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Memulai Bisnis

Tips sukses memulai bisnis dengan membuka kedai serabi ini yang terpenting adalah kesabaran dan juga ketekunan Anda dalam menjalankannya. Dimulai dari cara mengolah adonan serabi, memproses serabi sampai tenang ketika menghadapi pembeli.
Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis kedai serabi.
  1. Survei tempat untuk menentukan lokasi. Sebaiknya Anda melakukannya paling tidak dua hari agar bisa mendapatkan tempat yang tepat dan strategis.
  2. Pastikan semua alat-alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat serabi telah tersedia.
  3. Setelah Anda mendapatkan lokasi yang tepat untuk membuka kedai serabi, buatlah papan nama dengan ukuran yang sedang, lengkap dengan daftar aneka macam produk serabi beserta daftar harganya.
  4. Pesan gerobak yang unik dan bisa menarik perhatian konsumen.
  5. Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam kedai serabi Anda, atur tata letak serta meja dan kursi dengan baik sehingga para konsumen merasa nyaman dan santai.
  6. Pekerjakan beberapa pegawai untuk membantu Anda mengelola kedai serabi.
  7. Selalu jaga kebersihan kedai serabi Anda, karena bisnis yang berhubungan dengan makanan selalu rentan dengan adanya isu kebersihan.

Resep Membuat Serabi


Isi tengah (biang) :

  • Tepung terigu
  • Air
  • Sod kue

Bahan saus :

  • Gula merah, diiris tipis
  • 1 butir kelapa, ambil santannya
  • Garam
  • Gula pasir
  • Daun pandan

Cara membuat :

  1. Aduk bahan biang yang telah disiapkan, kemudian diamkan selam 15 menit. Sementara menunggu, aduk tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji dan tepung terigu kemudian tambahkan dengan gula dan garam lalu masukkan santan encer sambil diuleni selama kurang lebih 30 menit.
  2. Masukkan biang kemudian diuleni lagi sambil dikerok-kerok. Tuangkan santan sampai habis. Langkah terakhir, masukkan santan kental.
  3. Panaskan cetakan serabi. Lalu isi dengan ampas kelapa agar adonan tidak lengket. Setelah panas cetakan merata, tuangkan adonan dan masak sampai matang.
  4. Rebus semua bahan yang disiapkan untuk sausnya sampai dengan mendidih sambil diaduk-aduk kemudian saring. Sajikan serabi selagi masih hangat dengan saus.

Keuntungan Bisnis

Selain dengan membuka kedai serabi, Anda juga dapat berjualan serabi dengan menggunakan sistem order. Untuk menjaga kekhasan rasa serabi dan kehangatannya, makanan ini baru Anda buat ketika pemesan atau konsumen datang. Dengan begitu Anda juga tidak akan banyak menanggungi risiko akan kerugian bahan baku yang terbuang karena serabi tidak laku terjual. Hal ini dikarenakan stok barang untuk membuat serabi selalu dalam keadaan masih mentah. Dengan cita rasa yang enak dan lezat pastinya antrian pembeli akan membludak. Sampai dengan sekarang ini pemilik kedai serabi masih belum begitu banyak, sehingga pangsa pasar pun masih sangat terbuka lebar dan menjadikan kedai serabi, peluang bisnis pensiunan yang menggiurkan.

Hambatan Bisnis

Setiap menjalankan bisnis apapun juga, hambatan bisnis pastinya akan muncul dan itu adalah hal yang sudah biasa. Berikut ini adalah beberapa hambata yang merintangi keberlangsungan bisnis kedai serabi.
  1. Sepinya pengunjung pada cuaca tertentu sehingga orang malas pergi keluar rumah.
  2. Bosannya konsumen dengan menu serabi yang disajikan di kedai serabi. Oleh sebab itu, Anda harus terus berinovasi dan terus membuat menu-menu serabi baru yang lebih menarik sehingga para konsumen akan tetap setia di kedai serabi Anda.
  3. Harga bahan baku yang terus melonjak sehingga menaikkan pula harga jual untuk satu serabi. Usahakan untuk tetap mempertahankan kualitas

Strategi Pemasaran

Untuk mempromosikan bisnis pensiunan kedai serabi agar banyak mendapatkan perhatian dari para konsumen, maka ada beberapa strategi promosi yang penting untuk Anda ketahui dan jalankan.
  1. Mematok harga yang normal atau tidak terlalu banyak mengambil keuntungan dapat membuat produk serabi Anda lebih mudah diterima oleh banyak calon pembeli.
  2. Tidak mempersulit pembeli dengan tidak menyediakan kembalian atau uang receh. Walaupun hal ini sering dianggap remeh, namun sebenarnya uang receh adalah salah satu bagian dari servis penjual terhadap para pembeli yang bisa mempengaruhi penjualan.
  3. Jika lokasi tempat Anda membuka kedai serabi berada di pinggir jalan, hal ini sangat menguntungkan Anda. Buatlah serabi aneka rasa dengan cetakan yang separuh lebih kecil kemudian letakkan dalam sebuah nampan kemudian tawarkan secara gratis kepada orang-orang yang melewati kedai Anda. Hal itu sebagai salah satu strategi promosi yang paling jitu.

Kunci Sukses

Pertahankan sensasi tradisional dari kedai serabi. Misalnya saja dengan tetap memasak serabi di atas tungku dengan menggunakan cetakan serabi cekung berwarna hitam. Selain para pengunjung bisa menikmati gurihnya serabi, mereka juga bisa terhibur dengan proses pembuatan serabi yang unik.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Tungku masak                                     Rp   250.000,00
Cetakan serabi                                   Rp   150.000,00
Peralatan lain-lain                              Rp   400.000,00
Gerobak untuk berjualan                          Rp   900.000,00 +
Total Modal Awal                                 Rp 1.700.000,00

Pengeluaran
Bahan pokok
1000 gram tepung beras                           Rp  8.500,00
400 gram tepung kanji                            Rp  4.000,00
130 gram tepung terigu                           Rp  1.250,00
Garam                                            Rp    500,00
300 gram gula pasir                              Rp  2.400,00
Santan 2,5 butir kelapa                          Rp  5.500,00
400 ml santan                                    Rp  2.000,00
2 sendok makan air suji                          Rp  1.000,00
Biang (isi tengah)                               Rp  5.950,00
Saus serabi                                      Rp 20.500,00 +
Total bahan pokok                                Rp 51.600,00
Bahan Pokok Sebulan
Rp 51.600 x 30 hari                              Rp 1.548.000,00

Biaya Operasional Sebulan
Arang                                            Rp   100.000,00
Listrik                                          Rp    30.000,00 +
Total Pengeluaran Sebulan                        Rp 1.678.000,00

Pendapatan Bulanan
80 potong @ Rp 1.500 x 30 hari                   Rp 3.600.000,00

Keuntungan Bulanan
Rp 3.600.000,00 – Rp 1.687.000,00                Rp 1.913.000,00
Nah, semoga informasi peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu ide bisnis bagi para karyawan yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
sumber: bisnisukm.com

Read More Article