Usaha Bisnis Murah-Jasa Penitipan anak

Peluang Bisnis Rumahan Dengan Jasa Penitipan Anak

Bisnis rumahan jasa penitipan anak saat ini sangatlah dibutuhkan terutama di kota-kota besar dimana para wanita umumnya juga ikut bekerja di kantoran.
Meninggalkan anak untuk pergi bekerja adalah hal yang sangat berat bagi para orang tua yang memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi di luar rumah. Apalagi bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, banyak sekali dari mereka yang sangat sibuk mengurusi pekerjaan kantor sehingga mereka pun tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mendampingi anak-anaknya bermain. Alhasil, banyak para orang tua yang memilih untuk menggunakan jasa penitipan anak.

Kunci Sukses
Berdasarkan fenomena tersebut, jasa penitipan anak saat ini sangatlah dibutuhkan terutama di kota-kota besar dimana para wanita umumnya juga ikut bekerja di kantor. Bisnis jasa penitipan anak adalah tempat yang menawarkan jasa untuk pengasuhan anak. Peluang bisnis rumahan jasa penitipan anak ini memiliki prospek yang menjanjikan baik dari segi segmentasi pasar maupun segi keuntungan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ikut membuka jasa penitipan anak. Selain mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, dengan bisnis rumahan ini Anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.


Konsumen
Target konsumen atau pengguna jasa penitipan anak adalah sebagian besar para orang tua yang sibuk bekerja dan kurang mempunyai cukup waktu pada jam-jam tertentu untuk mengasuh anak-anak mereka atau hanya sekedar mengajaknya bermain.

Memulai Bisnis         
Untuk memulai bisnis rumahan penitipan anak, mulailah dari anak-anak yang ada disekitar rumah Anda terlebih dahulu. Selain Anda lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari para orang tua karena sudah saling kenal, Anda juga akan lebih mudah mengontrol kondisi terbaik yang diinginkan oleh anak seperti layaknya rumah sendiri.
Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis jasa penitipan anak seperti halnya persiapan tempat, persiapan modal, persiapan sumber daya manusia atau baby sitter, persiapan konsep usaha, pengetahuan tentang bayi dan anak serta persiapan untuk promosi.
Saat Anda membuka bisnis jasa penitipan anak, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis rumahan yang Anda rintis dapat berjalan dengan baik.
  1. Melakukan survei tempat untuk membuka usaha, apakah disekitar tempat tersebut banyak orang yang membutuhkan jasa penitipan anak atau tidak.
  2. Mempelajari tentang psikologi anak.
  3. Melakukan perekrutan sumber daya manusia (SDM) atau baby sitter. Syaratnya harus mempunyai banyak waktu luang dan mau menciantai anak-anak.
  4. Membuat dan mempersiapkan kurikulum untuk pendidikan anak yang diasuh.
  5. Mempromosikan bisnis jasa penitipan anak pada orang-orang yang membutuhkan terutama penduduk yang tinggal di lingkungan sekitar Anda.
  6. Membuat tempat penitipan anak menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak sehingga mereka betah disana, karena kenyamanan merupakan hal yang utama bagi anak-anak.
  7. Menjalin hubungan baik dengan para orang tua yang menitipkan anaknya di tempat penitipan anak milik Anda.
Keuntungan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis jasa penitipan anak, Anda bia memanfaatkan waktu luang yang Anda miliki sehingga tidak terbuang dengan sia-sia. Rumah Anda juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengelola bisnis jasa penitipan anak. Sehingga, selain bisa menghasilkan uang atau pemasukan sampingan, rumah Anda yang semula sepi akan menjadi ramai dengan celoteh anak yang Anda asuh. Tidak hanya itu saja, dengan membuka jasa penitipan anak ini Anda juga bisa membuka gerai atau toko makanan yang menjajakan aneka makanan bergizi sehingga anak-anak tidak akan jajan sembarangan.

Hambatan Bisnis
Beberapa hal yang bisa menjadi hambatan dalam memulai bisnis jasa penitipan anak ini diantaranbya adalah sebagai berikut.
  1. SDM yang tidak profesional. Dalam menjalankan bisnis penitipan anak, Anda membutuhkan SDM yang mempunyai banyak pengetahuan tentang anak-anak dan senang dengan dunia anak-anak.
  2. Sulitnya mencari pelanggan atau pengguna jasa penitipan anak. Masih banyak masyarakat yang belum bisa mempercayakan anak mereka dititipkan pada jasa penitipan anak. Mereka biasanya lebih mempercayakan anak mereka diasuh oleh sanak saudara.
  3. Kurangnya pengetahuan mengenai bayi dan anak-anak. Solusinya, Anda harus mengenali kebiasaan anak-anak pada usia tertentu dan menanyakannya pada orang tuanya.
  4. Sulit mengatasi anak-anak yang mempunyai kelainan. Kenali kelainan yang dialami oleh anak sehingga Anda bisa mengatasinya dengan tepat.
Strategi Pemasaran
Untuk mempromosikan jasa penitipan anak milik Anda agar bisa dikenal banyak orang dan mendapatkan kepercayaan dari mereka, maka Anda harus melakukan beberapa hal sebagai berikut.
  1. Membuat daftar penduduk yang tinggal disekitar tempat lokasi usaha Anda yang notabene kedua orangtuanya memiliki pekerjaan.
  2. Jika jumlah orang tua yang menitipkan anaknya di tempat penitipan anak tidak terlalu banyak, maka Anda bisa melakukan silaturahmi sebagai perkenalan awal.
  3. Membuat brosur sebagai salah satu cara promosi melalui media.
  4. Jika bisnis rumahan yang Anda sudah berkembang dengan baik, Anda dapat mempromosikan diri melalui media massa atau iklan.
  5. Lakukan promosi dari mulut ke mulut adalah cara yang paling cepat dan efektif.
  6. Memberikan pelayanan dengan baik dan maksimal karena anak adalah buah hati paling berharga bagi orang tuanya. Sehingga jangan sampai Anda mengecewakan mereka.
Kunci Sukses
Bisnis jasa penitipan anak seperti ini, tingkat keberhasilannya dipengaruhi oleh promosi yang dilakukan terutama promosi dari mulut ke mulu karena bisnis jasa penitipan anak biasanya berdasarkan pada rasa kepercayaan. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan relasi, teman-teman Anda sesame karyawan, keluarga, kenalan-kenalan bahkan tetangga Anda untuk menginformasikan bisnis Anda pada orang lain melalui mulut ke mulut. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tawaran antar jemput anak ke rumah.
Peluang bisnis rumahan dengan jasa penitipan anak ini akan semakin lebih baik lagi jika Anda sebagai pelaku bisnis berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan sebuah kerjasama dengan perusahaan tersebut, yang tentunya Anda memberikan diskon khusus bagi mereka yang menggunakan jasa penitipan anak milik Anda.

Analisa Ekonomi
Modal Awal
Peralatan
Renovasi ruangan                                Rp 1.000.000,00
Perlengkapan permainan bayi dan anak            Rp 1.000.000,00
Perlengkapan aksesoris ruangan                  Rp 1.000.000,00 +
Total                                           Rp 3.000.000,00

Perhitungan laba / rugi per bulan
Pendapatan
10 anak @ Rp 600.000,00                         Rp 6.000.000,00
Biaya-biaya
Perlengkapan anak                              Rp 2.000.000,00
Listrik dan air                                Rp   300.000,00
Gaji pegawai 2 orang                           Rp 1.500.000,00
Gaji juru masak anak                           Rp   600.000,00
Telepon                                        Rp   200.000,00
Transportasi                                   Rp   200.000,00
Biaya penyusutan peralatan                     Rp   104.146,00 +
Jumlah biaya                                   Rp 4.904.146,00

Laba/rugi bersih = Pendapatan – biaya-biaya
Rp 6.000.000,00 – Rp 4.904.146,00       =       Rp 1.095.854,00
Nah, setelah membahas peluang bisnis jasa penitipan anak yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan ruang kosong di rumah kita,  Selamat mencoba dan salam sukses!
sumber: bisnisukm.com

Read More Article