Bagaimana Memasarkan Produk Online Bagi Pemula

Tips Memasarkan Produk Secara Online

Pemasaran produk secara online juga bisa menjadi alternatif lain yang berpeluang besar bagi suatu usaha di era digital seperti saat ini.

Strategi pemasaran onlineSalah satu penyebab utama yang menjadikan sebuah bisnis akhirnya gulung tikar adalah tidak adanya dana untuk menghidupi dan menjalankan usaha tersebut. Misalnya saja pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Padahal penting bagi sebuah usaha untuk bisa menghasilkan pendapatan lebih besar dari pada pengeluaran. Dan pendapatan yang tinggi tentunya tidak bisa lepas dari pemasaran produk yang baik.

Pemasaran produk yang baik berupa barang ataupun jasa sebaiknya jangan hanya terpaku dengan cara offline saja. Pemasaran online juga bisa menjadi alternatif lain yang berpeluang besar bagi suatu usaha di era digital seperti saat ini. Konsumen juga semakin tertarik untuk menemukan dan mencari produk maupun jasa secara online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.
Cara memasarkan produk secara online sebenarnya bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk para pemula bisnis, asalkan mau belajar. Biaya yang dibutuhkan pun nyaris tanpa modal usaha. Cukup menggunakan satu unit PC dan berlangganan internet realtime 24 jam, pelaku usaha sudah bisa memasarkan produknya secara online. Berikut ini adalah cara memasarkan produk secara online.

Pertama, tetapkan produk dengan strategi pemasaran yang tepat. Dari mana produk atau jasa yang akan Anda jual tersebut diperoleh. Jika produk merupakan hasil produksi sendiri maka Anda harus bisa menghitung jumlah barang yang akan dijual setiap minggu atau bulannya. Kemudian, dalam strategi pemasaran Anda juga harus menentukan kemana segmen penjualan produk yang akan dijual tersebut.

Kedua, membuat portal toko online secara sederhana dan juga gratisan. Bagi pemula bisnis yang ingin memasarkan produknya secara online dianjurkan untuk membangun blog yang berbasis blogspot atau wordpress. Blog sebaiknya berisi deskripsi produk mengeni barang yang akan Anda jual. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor kontak, cara melakukan transaksi pembelian dan biodata penjual untuk meyakinkan konsumen.

Ketiga, promosikan toko online Anda dengan cara menyimpan link toko online di media jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya untuk menarik pengunjung yang datang ke toko online Anda. Jika para pengunjung tertarik dengan produk yang Anda posting, maka secara otomatis mereka akan menelpon ke nomor kontak yang telah Anda cantumkan.

Keempat, aktif mempromosikan produk di forum-forum jual beli. Tampilkan dengan jelas di forum jual beli tersebut bahwa Anda sebagai selling online yang menjual produk secara online. Jika memungkinkan, Anda sebagai pemula bisnis juga bisa menyertakan link toko online Anda sehingga para pembaca bisa mengunjungi toko online milik Anda dengan mudah. Namun, penting juga bagi pemula bisnis untuk memperhatikan etika bisnis dalam menulis serta berdiskusi di forum jual beli online.

Kelima, memberikan pelayanan secara maksimal kepada para calon konsumen. Cara melayani konsumen secara online tidak jauh berbeda dengan berjualan secara offline dimana penjual harus bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada calon pelanggan. Jika ada calon konsumen yang menelpon, sebisa mungkin berikan penjelasan dengan jelas, santun dan tidak berbelit-belit. Berikan cara bertransaksi secara mudah dan aman.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan dengan mudah oleh para pemula agar produk yang dijual bisa laku keras di pasaran. Semoga tips bisnis ini juga dapat menginspirasi Anda para pemula bisnis untuk berjualan produk secara online sehingga produk Anda dapat bersaing di dunia bisnis yang lebih luas lagi.[bisnisukm.com; Bagaimana Memasarkan Produk Online Bagi Pemula]

Read More Article