Berbisnislah Selagi Muda Sebelum Datangnya Hari Tua

Berbisnis Sejak Dini

Kesalahan terbesar yang kebanyakan dilakukan para pelaku bisnis pensiun adalah memulai bisnis justru saat masa pensiun sudah tiba.

Bisnis pensiunanMemasuki masa pensiun bukanlah akhir dari karir Anda. Para pensiunan masih tetap bisa berkarya dengan cara mempersiapkan pilihan bisnis sebelum masa pensiun datang. Memiliki bisnis atau usaha sendiri di masa pensiun adalah dambaan bagi banyak orang. Karena pada dasarnya, memiliki sebuah bisnis sendiri tidak semata-mata untuk menambah penghasilan di masa pensiun tetapi juga menjadi sarana untuk mengaktualisasi diri dan berkontribusi pada masyarakat.
Ada berbagai jenis peluang bisnis yang dapat dijalankan saat masa pensiun datang. Akan tetapi, begitu banyaknya peluang bisnis yang cocok untuk para pensiunan justru terkadang membuat calon pensiunan bingung dan kesulitan bagaimana cara memulai bisnis tersebut. Yang terpenting yang perlu diingat adalah pilihlah bisnis apa saja yang sesuai dengan karakter Anda sehingga Anda dapat menjalankan bisnis di masa pensiun secara santai.

Pada kenyataannya, selama ini banyak calon pensiunan yang melakukan banyak kesalahan. Kesalahannya terletak pada, kapan para calon pensiunan memulai bisnis untuk masa pensiun. Kesalahan terbesar yang kebanyakan mereka lakukan adalah memulai bisnis justru saat masa pensiun sudah tiba. Hal itu merupakan kesalahan terbesar dalam memulai bisnis di masa pensiun. Mengapa?

Tidak ada dalam kamus bisnis dimana seseorang mulai menjalankan bisnis, saat itu juga bisnis yang mereka jalankan langsung sukses dan berkembang pesat tanpa mengalami hambatan sedikitpun. Berdasarkan fakta dilapangan, bisnis yang mengalami kesuksesan pasti dulunya pernah mengalami kegagalan atau hambatan sebelum akhirnya bisnis tersebut dapat berjalan dan bertahan. Jadi, janganlah memulai bisnis pensiunan ketika masa pensiun sudah dekat atau justru pensiun sudah tiba. Karena dikhawatirkan para pensiunan justru akan disibukkan dengan trial and error tersebut.

Coba Anda lihat dan cermati para pelaku bisnis yang sukses menjalankan bisnisnya. Kebanyakan dari mereka sudah mulai merintis bisnisnya sejak usia muda, karena masa muda merupakan masa keemasan bagi para pebisnis. Masa dimana segala bagian dari organ tubuh mereka masih dapat berfungsi dengan maksimal. Pelaku bisnis yang masih muda juga akan lebih mudah dalam mencari relasi dan berinovasi secara cepat.

Dari kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh para calon pensiunan tersebut, semoga bisa dijadikan pelajaran dan pencerahan bagi para calon pensiunan lain yang ingin menikmati masa pensiun dengan menjadi seorang pebisnis. Mulailah bisnis sejak dini atau bahkan sejak usia muda. Jangan memulai bisnis saat masa pensiun sudah tiba.

Pilihlah bisnis yang mudah untuk dikelola dan sesuai dengan karakteristik Anda. Rencanakan dan mulailah bisnis dari sekarang, jangan pernah menunda kesempatan yang ada mumpung segala sesuatunya masih terasa mudah dan ringan. Jangan pernah takut juga untuk resiko dan ketidaknyamanan yang harus dihadapi karena selain menjadi pebisnis masih harus disibukkan dengan pekerjaan sebagai pegawai.

Yakinkan dalam diri bahwa perjuangan yang berat di awal usaha serta kerja keras yang Anda lakukan pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan saat masa pensiun telah tiba nanti. Selamat mencoba dan salam sukses!

Read More Article