Tips Inovasi Bisnis Menjalani 2015

Tips Inovasi Bisnis Menjalani 2015

Inovasi sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penurunan. Ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan inovasi dalam menjalankan bisnis.

Inovasi bisnisDalam perkembangannya, bisnis selalu berkaitan dengan inovasi. Inovasi didapatkan dari banyak informasi yang bisa kita dapatkan bahkan dijalan raya sekalipun. Banyak para pelaku bisnis yang kurang mau tahu tentang inovasi bisnis, padahal dengan inovasi tersebut, kita bisa persistensi dengan semakin maraknya kompetitor yang mulai bergerak diantara maraknya bisnis akhir-akhir ini.

Inovasi sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penurunan. Ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan inovasi dalam menghadapi persaingan bisnis. Berikut ini, s pentingnya inovasi dalam menjalankan bisnis.

1. Inovasi bisa dilakukan kapan saja
Adalah keliru ketika inovasi harus dilakukan ketika bisnis kita mulai menurun. Inovasi harus dilakukan secara bertahap, tanpa melupakan kekhasan dari bisnis yang kita jalankan. Jika memang saat ini Anda masih kewalahan tentang melakukan inovasi, cobalah untuk berpikir terbuka tentang apa saja yang udah ada saat ini dalam bisnis kita untuk diinovasi, pelajari pergerakan kompetitor, karena pada dasarnya tak ada yang baru dalam dunia bisnis, semua hampir sudah terdefinisi.

2. Turunkan idealisme dan terima saran
Kita hidup dengan banyak orang yang memiliki kualitas pendapat yang berbeda-beda. Tentu ini sangat membantu sekali ketika kita ingin melakukan inovasi. Setiap inovasi dalam bisnis, kaitkanlah dengan orang yang ada di sekitar kita. Tanyalah tentang cara penyajian bisnis, konten, dan kualitas dari produk kita. Lakukan survey kepada orang-orang yang ada di sekitar kita seperti keluarga, sahabat dan rekan bisnis. Dengan ini, nantinya bisa dilakukan analisa terhadap apa yang kita siapkan. Jangan takut ketika banyak orang yang mengatakan bahwa inovasi kita kurang relevan. Tetap catat apa saja yang disampaikan orang lain, selama itu rasional.

3. Tetap antisipasi terjadinya Jenuh Pasar
Dunia bisnis yang terus berkembang dan bisa berubah tiba-tiba ini, menuntut kita harus melakukan inovasi yang lebih baik lagi. Pasar bisa saja jenuh padahal kita sudah yakin dengan apa yang kita lakukan. Rencanakanlah tentang apa dan bagaimana kita kedepannya. Jangan ragu ketika Anda memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang. Semua berawal dari rencana. Pastikan terlebih dahulu rencana yang prioritas dan rencana yang bisa dilakukan berikutnya.

4. Stay Alert
Jika saat ini, semua data tentang rencana inovasi yang sudah kita lakukan terkumpul. Ada baiknya lakukan kembali survey tentang pendapat dari orang yang langsung berkaitan dengan bisnis kita, yaitu konsumen. Lakukan beberapa survey dan pengawasan terhadap produk yang sudah sampai ke tangan konsumen. Catat semua keluhan dan pendapat mereka.

5. Hilangkan yang kurang perlu
Jika semua rencana inovasi sudah kita catat dan terkumpul. Rencana sudah siap kita lakukan. Lakukan double check kembali tentang apa saja yang perlu dan kurang perlu. Ini perlu dilakukan agar kita bisa terfokus dengan inovasi yang berkualitas. Terima kasih sudah membaca artikel saya, lakukanlah inovasi, karena menjadi pembeda dalam bisnis sangatlah penting dari pada kita menghabiskan waktu dan terlena karena kompetitor sudah berkembang. [bisnisukm.com;
Tips Inovasi Bisnis Menjalani 2015]

 Read More Article