Bisnis Kue Kering Jelang Hari Raya

Analisis Bisnis Usaha Kue Kering

http://goldenchase.net/?i=293121
Menjelang perayaan Idul  Fitri, banyak peluang usaha musiman yang dapat dijalankan.  Salah  satu  diantaranya  adalah  usaha kue  kering.  Kue  kering  biasa  menjadi  makanan favorit  di  setiap  hidangan  Idul  Fitri.  Tradisi makanan wajib selain ketupat opor ayam  biasanya  juga  dihidangkanberbagai macam kue kering seperti nastar,  kastengel,  putri  salju,  kue sagu,  kue  lidah  kucing,  dan  masih banyak  lagi.Kebiasaan masyarakat tersebut  menyebabkan  permintaan akan  kue  kering  mampu meningkat tajam,  bahkan  hingga  200%  dari permintaan  pasar  pada  hari  biasa.Maka dari itulah bisnis ini merupakan  peluang  yang  sangat  menjanjikan sebagai  usaha  musiman. 

Konsumen
Tingginya  permintaan  konsumen  akan  kue kering  menjelang  Idul  Fitri,  berdampak  positif pada  pelaku  usaha.  Tingkat  daya  beli  masyarakat yang  tinggi   pada  kue  kering  yang  banyak ditemukan  di  pasaran,  menjadikan  para  pelaku usaha  tidak  perlu  kerepotan  mencari  konsumen. Hampir  semua  kalangan  membutuhkan  kue  kering dan  tidak  semua  orang  memiliki  waktu  ataupun kemampuan dalam membuatnya. Faktor kesibukan  dan  kemampuan  lah  yang  menjadikan pilihan  lebih  baik  membeli    daripada  harus membuatnya  sendiri. Disampi ng  konsumen rumahan, permintaan kue kering juga datang dari berbagai  kantor  yang  menggunakannya  sebagai parsel  untuk  para  karyawan  maupun  relasi  kerja

 Produk
Walaupun permintaan  pasar  akan  kue  kering sangatlah  tinggi,  sebagai  pelaku usaha Anda harus tetap  memperhatikan  kualitas  produk  kue  kering yang  Anda  hasilkan.  Jika  ingin  menggunakan bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, serta pemanis  buatan,  pilihlah  bahan  yang  khusus  untuk makanan.  Sedangkan  untuk  pemilihan  bahan baku, gunakan bahan–bahan yang berkualitas dan jangan lupa  perhatikan  masa kadaluarsanya. Sehingga kue kering  yang  kita  hasilkan  aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan  kesehatan.Kemasan  produk  juga  perlu diperhatikan.  Membuat  kemasan yang dapat menarik dan menguatkan minat beli konsumen pada  produk  yang  kita  hasilkan bukanlah  hal  yang  sepele.  Namun hal  tersebut  bukanlah  sesuatu yang  sulit  untuk  kita  lakukan. Semua  merupakan  selera  pasar dan  ciri  khas  dari  masing-masing  produsen.  Hal pertama  yang  dilihat  konsumen  adalah  tampilan
luar atau kemasan produknya. Untuk mempercantik penampilan kue kering yang Anda pasarkan,  dapat  menggunakan  berbagai  macam bentuk kemasan. Toples kedap udara bisa menjadi pilihan  atau  bisa  juga  menggunakan  toples  mika yang  ditutup  rapat  dengan  plester  transparan. Untuk  meningkatkan  nilai  jual  produk,  Anda dapat menambahkan hiasan dan pastinya mencantumkan  merek  kue  kering  yang  Anda produksi  pada  kemasan

Strategi Pemasaran
Tawarkan  produk  kue  kering  Anda  pada rekan  kantor  ataupun  tetangga  sekitar  rumah. Biasanya  mereka  akan  lebih  senang  jika  ditawari dengan  cara  memesan,  sehingga  mereka  tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di  supermarket  ataupun  toko  roti.
Cara yang kedua yaitu tawarkan produk  Anda  ke  berbagai  toko  roti, supermarket,  ataupun  tempat  jasa pembuatan parsel. Pada bulan Ramadhan,  banyak  toko  dan  tempat pembuatan  parsel  yang  menerima stock  kue  kering  dalam  jumlah  yang cukup  besar. Cara yang ketiga yaitu menggunakan  brosur  dan  katalog untuk  menawarkan  produk  Anda melalui para agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualannya.
Cara  yang  keempat  yaitu  menggunakan bantuan  internet  dalam  memasarkan  produk Anda.  Sehingga  dapat  menjangkau  pemasaran yang  lebih  luas,  hingga  ke  berbagai  daerah.Gunakan merek dagang pada produk Anda, sehingga  dapat  mengenalkan  dan  menanamkan citra produk kue kering yang Anda produksi pada

Analisa Usaha
Asumsi
Sekali produksi, menghasilkan 
200 toples

harga jual @ Rp30.000,00
Modal awal
Oven
Mixer
10 Loyang @ Rp30.000,00
5 Baskom @ Rp20.000,00
Kompor gas 1 tungku
Bahan baku
Kemasan
total
 *
Rp3.000.000,00
Rp2.000.000,00
Rp300.000,00
Rp100.000,00
Rp200.000,00
Rp2.000.000,00
Rp1.000.000,00
Rp8.600.000,00
Biaya operasional
Bahan baku
Kemasan
T enaga kerja 2 orang
Listrik
Gas elpiji
Transport
Promosi
total
*
Rp2.000.000,00
Rp1.000.000,00
Rp1.000.000,00
Rp100.000,00
Rp14.000,00
Rp150.000,00
Rp150.000,00
Rp4.414.000,00

Omset/Produksi
(@ Rp30.000,00 x 200 toples) = Rp6.000.000,00
Laba bersih/Produksi
(Rp6.000.000,00 – Rp4.414.000,00) = Rp1.586.000,00
http://www.marketglory.com/strategygame/joban
Demikian sedikit pemaparan mengenai bisnis kue kering. Masih banyak  peluang  bisnis  lain  yang  lebih menarik  namun,  tak  ada  yang mampu menggeser kue  kering  dari kancah  pasar lebaran.  Jangan  sia-sia  kan  kesempatan
yang  ada.  Lakukanlah  jika  Anda  merasa  mampu. Semakin berkembangnya budaya  manusia, semakin  bervariasi  pula persaingan  bisnis  kue  kering  yang  akan datang.  Selamat  mencoba  dan Salam  sukses! 
sumber: majalahbisnisukm.com

 Read More Article