Untung Rugi Bisnis Parcel

Analalisi Bisnis Usaha murah "Bisnis Parcel"

klik saya, jadi publiser, cara blog mendapatkan uang, kerja online, cara bisnis online,  bisnis pulsa, cara mendapatkan uang dari internet, bisnis waralaba, kerja part time, usaha kecil menengah
Menjelang  perayaan  Idul Fitri,masyarakat mulai mencari keperluan untuk memeriahkannya. Konsumerisme  pun  dimulai.  Baju  baru,  kue  kering,  hingga parsel/bingkisan sudah menjadi trending topic di akhir bulan Ramadhan. Budaya saling mengirimkan parcel  sebagai  hadiah  ternyata  mendatangkan  peluang  tersendiri  bagi  para  kreator  hiasan  sampai produsen  makanan/bahan  pokok.  Bisnis  parsel  menjelang  Idul  Fitri  sebenarnya  adalah  hal  yang mudah, seperti  halnya  kita  berbelanja  kebutuhan  sehari-hari  dan mengemasnya kembali.  Kemudian menjualnya  dalam  1  (satu)  paket  kemasan  yang  indah.  Kemampuan  mengkombinasikan  berbagai produk dalam satu kemasan inilah sehingga menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Omset yang diperoleh  pun  dapat  mencapai  100%  menjelang  hari  raya  tiba.

Konsumen
Target utama bisnis  parcel ini  adalah  masyarakat yang merayakan Idul  Fitri. Masyarakat umum pun  dapat  juga  menjadi  sasaran  pasar  bisnis  tersebut.  Adanya  budaya  mengirimkan  parcel  kepada saudara atau kerabat pada saat peringatan hari raya lainnya. Selain masyarakat individu,  bisnis parcel ini  juga  mempunyai target  pasar pada perusahaan–perusahaan swasta  yang memiliki prospek pasar cukup  besar.  Karena  biasanya  perusahaan  swasta  tersebut  memberikan bingkisan  parcel  baik  pada  hari raya  maupun  sebagai  bonus  di  akhir  tahun  kepada  para  karyawannya.
Produk
Kebanyakan  parcel  terutama  pada  saat  Idul  Fitri berisi  makanan  ringan  dan  minuman  dalam  kemasan. Seiring  berjalannya  waktu, parcel  yang  dulu  hanya berisi  makanan  ringan  dan  minuman  dalam kemasan,  saat  ini  sudah  meningkat  variasinya mulai  dari  perabot  rumah  tangga  seperti  halnya barang  pecah  belah.  Harga parcel  di  pasaran  tiap hari  raya  pun  bervariasi.  Mulai  puluhan  ribu bahkan  hinggga  mencapai juataan  rupiah.  Semua itu tergantung dengan ukuran dan isi parcel yang di sesuaikan dengan  kebutuhan konsumen Artinya, konsumen saat ini bisa memesan apa saja yang  akan  mereka  jadikan  parcel sebagai pelengkap  rutinitas  hari  raya  mereka  khususnya Idul  Fitri.
Satu  bingkisan  parcel  biasanya  berisi  berbagai macam  barang  yangberbeda.  Berkisar  antara  1 sampai  20  item.  Perhatikan  kualitas  barang  yang akan  di j adikan  parcel .   Jika  memi l ih  parcel makanan  atau  minuman,  sebaiknya  perhatikan tanggal kadaluarsanya agar tidak mengecewakan konsumen.  Sedangkan  untuk  parcel  yang  berisi  perabot, pilihlah  perabot  dengan  teliti  jangan  sampai  ada  perabot
Proses Packing
Demi  memberikan  kesan  baik  dan  penghargaan melalui  sebuah  parcel,  tentunya  akan  lebih  menimbulkan citra  jika  dikemas  dengan  indah.  Jika  memberikan  parcel pada  saat  Idul  Fitri,  pastikan  jika  kemasan  dan  hiasan  parcel tersebut  bertemakan  moment  yang  sama.  Parcel  lebaran (untuk  Idul  Fitri)  dapat  dikemas  dengan  menggunakan keranjang atau  kardus yang sudah  di desain dengan tema tersebut. Untuk mempercantik kemasan bisa ditambahkan pula  hiasan  seperti  pita,  kartu  ucapaan,  hiasan  seperti ketupat  kecil  atau  bentuk  lain  yang  identik  dengan perayaan  Idul  Fitri.
Strategi Pemasaran
Pemasaran  bisnis  paket  lebaran  dapat  dicoba  dengan cara–cara  berikut  :
  • Memasarkan langsung, kepada rekan – rekan dekat Anda.  Atau  dapat  juga  memasarkan  secara door  to  door untuk  wilayah  sekitar  rumah  Anda
  • Dapat   juga  di pasarkan  dengan  cara menitipkan  produk  parcel  Anda,  ke  beberapa toko  atau  supermarket  dengan  kesepakatan tertentu.
  • Cara yang ketiga yaitu dengan menawarkan  paket  parcel  Anda  ke  perusahaan swasta,  coba  tawarkan  melalui  manajemennya. Agar Anda dapat  membantu menyediakan parcel lebaran  untuk  semua  karyawan  perusahaan tersebut.
  • Cara yang keempat yaitu dengan memasarkannya melalui internet. Jangkauan internet yang luas,  dapat  membantu  Anda  memasarkan  paket  parcel hingga  mencakup  berbagai  daerah.
 Analisa Usaha
Asumsi
Produksi sebanyak 100 paket parcel lebaran
Modal awal
  • Syrup botol @ 14.000,00 x 100 buah
  • Minuman kaleng @ 5.000,00 x 100 buah
  • Snack kaleng @ 15.000,00 x 100 buah
  • Kue kering 2 toples @ 20.000,00 x 2 x 100
  • Biscuit kemasan @ 8.000,00 x 100 buah
  • Permen 1 kaleng @ 8.000,00 x 100 buah
  • Susu kental manis @ 7.000,00 x 100 buah
  • Keranjang hias @ 20.000,00 x 100 buah
  • Kartu ucapan @ 2.000,00 x 100 buah
  • Plastik dan pita hias
  Total




Rp1.400.000,00
Rp500.000,00
Rp1.500.000,00
Rp4.000.000,00
Rp800.000,00
Rp800.000,00
Rp700.000,00
Rp2.000.000,00
Rp200.000,00
Rp300.000,00

Rp12.200.000,00
Biaya Operasional
  • Transportasi
  • Tenaga kerja 1 orang @ 700.000,00
  • Biaya promosi
Total


Rp100.000,00
Rp700.000,00
Rp100.000,00
 
Rp900.000,00
Omset
Penjualan 100 parcel
(@ Rp150.000,00 x 100 buah)
Laba Bersih
(Rp15.000.000,00 – Rp13.100.000,00)


Rp15.000.000,00

Rp  1.900.000,0

Masih ada waktu untuk memulai bisnis parcel. Salam sukses!
sumber: majalahBisnis Ukm.com

Belajar Cari Duit Online, , bisnis sampingan, usaha kecil,  waralaba, kerja online, usaha, investasi, peluang usaha 2014, bisnis modal kecil, usaha modal kecil, kerja sampingan, peluang usaha rumahan, bisnis tanpa modal, bisnis online tanpa modal

 Read More Article