Tips Mengatasi Resiko Bisnis di Tahun 2014

Analisis Bisnis Di Tahun 2014

http://www.marketglory.com/strategygame/joban

Menjalani tahun 2014, perkembangan bisnis di negara kita diperkirakan mengalami peningkatan  yang  begitu pesat. Bila sebelumnya banyak masyarakat yang lebih memilih  kesuksesan  kari rnya  sebagai seorang  karyawan,  maka  belakangan  ini jiwa  entrepreneur  dalam  diri  masyarakat Indonesia mulai tumbuh semakin kuat dan sebagian dari mereka mulai memilih untuk merintis sebuah usaha. Tidaklah heran bila belakangan  ini  muncul  pemain-pemain baru di dunia usaha, baik itu dari kalangan pengusaha  muda  (pemula)  maupun  dari para mantan karyawan yang ingin mengembangkan  kesuksesan  kar i r nya dengan  terjun  di  dunia  usaha.Melihat  potensi  pasar  di  Indonesia yang  masih  sangat  luas,  banyak  kalangan masyarakat  yang  mulai  memanfaatkan peluang  tersebut  untuk  merintis  sebuah usaha. 

Meskipun  keputusan  tersebut menjanjikan keuntungan  yang  cukup  besar, namun  sebagai  seorang  pengusaha  Anda juga  harus  berani  menghadapi  resiko-resiko pahit   yang  bakal   muncul   di   tengah perjalanan  menuju  kesuksesan  bisnis  Anda Nah,   untuk  menganti sipasi   resiko bisnis  yang  dimungkinkan  muncul  di  tahun 2014. Berikut ini  kami informasikan  beberapa tips  mengatasi  resiko  bisnis  di  tahun  2014 yang  bisa  Anda  persiapkan  dari  sekarang.
Persaingan  Yang  Semakin  Ketat 
Melihat perkembangan bisnis di Indonesia  yang  semakin  pesat,  maka  tidak heran  lagi  bila  persaingannya  pun  semakin hari  juga  semakin  ketat.  Hal  ini  tentunya sudah  lazim  terjadi,  namun  untuk  bisab bertahan  di  tengah  gempuran  pasar  yang semakin  pesat,  tentunya  dibutuhkan  kerja keras dan juga kerja cerdas untuk menyusun strategi  bisnis  yang  paling  tepat.Jika Anda memilih strategi bisnis yang seragam  seperti  halnya pelaku bisnis lainnya, maka  tidak  menutup  kemungkinan  bila  bisnis Anda tak  bisa  bertahan  dalam  jangka  waktu yang  cukup  lama.  Manfaatkan  kreatifitas Anda untuk menciptakan ide-ide  segar yang belum pernah ada sebelumnya.  Misalnya saja menciptakan  produk-produk  yang  unik,menyusun strategi pemasaran yang menarik, atau  meningkatkan  kualitas  pelayanan  agar konsumen semakin nyaman berlangganan di tempat  Anda.

Perubahan  Dari  Pasar  Konvensional  Ke Ranah  Online 
Seiring dengan meningkatnya perkembangan  teknologi  dan  perubahan gaya  hidup  masyar akat   yang  semakin modern,   sekarang  ini   konsumen  mulai meninggalkan  pasar  konvensional  (pasaroffline)  dan  mulai  beralih  ke  ranah  online yang memudahkan mereka untuk memenuhi segala  kebutuhannya  tanpa  harus  capekcapek  ke  luar  rumah.Fasilitas internet  yang semakin mudah untuk diakses, tentunya  cukup  memudahkan par a  konsumen  untuk  bis   memenuhi kebutuhannya  dengan  cara  yang  terbilang sangat  praktis.  Kondisi  inilah  yang  perlu Anda  perhatikan  dengan  baik,  sehingga sebagai pelaku usaha Anda juga harus sudah mempersiapkan  konsep  toko  online  untuk mendukung  perkembangan  bisnis  Anda  di tahun  2014.

Kualitas  SDM
Untuk  menjawab  tuntutan  pasar  yang semakin besar,  terntunya Anda juga membutuhkan  bantuan  SDM  yang  benarbenar  handal.  Dalam  hal  ini  bukan  hanya latarbelakang  pendidikan  karyawan  saja yang harus Anda perhatikan ketika melakukan  proses  perekrutan,  namun  juga attitude  (perilaku)  dan  skill  (keterampilan) yang mereka miliki juga perlu dipertimbangkan  dengan  seksama  sebagai modal  utama  Anda  untuk  memperkokoh kerajaan bisnis yang sedang  Anda kembangkan.Karenanya,  penting  bagi  Anda  untuk memberikan  training  atau  pelatihan  rutin bagi  setiap  karyawan,  agar  mereka  bisa memiliki  pengetahuan,  kemampuan,  serta visi dan misi yang sejalan dengan bisnis yang Anda jalankan. Semakin tinggi kualitas SDM yang  Anda  miliki, maka semakin  besar  pula peluang  Anda  untuk  menjawab  tantangan pasar.

Semoga  ketiga  tips  bisnis  yang  telah kita bahas  bersama bisa memberikan tambahan  wawasan  bagi  para  pembaca  dan membantu para pemula yang ingin mengembangkan  bisnisnya  di  tahun  2014. Maju  terus  UKM  Indonesia  dan  salam  sukses!
 sumber: majalah bisnis ukm.com

PaidVerts

Read More Article