Meningkatkan Penghasilan Dengan Sedekah

KEUTAMAAN SEDEKAH



Jika anda memiliki harta/ rejeki maupun yang yang sedang kesulitan dan ingin melancarkan rejeki ataupun memperbanyak maka sedekah adalah jawabannya. yang jadi pertanyaan mana mungkin sedekah bisa mendatangkan rejeki bukannya itu mengeluarkan.
maka begini jawabannya jika anda membaca cerita-cerita sukses orang-orang terutama orang-orang barat yang non muslim, mereka berpendapat bahwa sedekah atau beramal itu bisa mendatangkan energi positif, sehingga energi positif tersebut bisa menarik energi positif yang lain, seperti magnet, jadi uang yang ditebarkan akan kembali lagi membawa uang tambahan.
begitupun dalam islam ketika kita menanam kebaikan maka akan menuai kebaikan, dalam amalan sedekah 1 kebaikan akan di balas 10 kebaikan dimana tiap-tiap kebaikan akan dikalikan 700 kebaikan.
Sedekah memiliki banyak sekali keutamaan. Beberapa ayat al-Qur’an, hadis, dan pendapat ulama akan kami kutipkan berikut ini :

1. Amal Menuju Bahagia di Akhirat
Allah Swt. berfirman:
“Apa yang di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.al-Nahl:96)

2.Penghapus Dosa
Rasulullah bersabda:
“Bersedekahlah kalian meskipun hanya sebiji kurma. Sebab sedekah mampu memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (HR.Ahmad)

3.Disediakan Surga
Allah Swt. berfirman:
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabb-mu dan kepada surga yang luasnya seluas lagit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang menginfakkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS.Ali Imran:133-134)

Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa yang membangun masjid dengan ikhlas karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (HR.Ibnu Majah)

4.Penolak Bala’
Rasulullah bersabda:
“Bersegeralah untuk bersedekah sebab yang namanya bala’ tidak akan pernah mendahului sedekah.”

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda:
“Mulai pagi harimu dengan sedekah, barangsiapa yang memulai pagi harinya dengan sedekah, ia tidak akan terkena sasaran bala’.”

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa sedekah itu mampu menolak berbagai bencana meskipun pelakunya orang kafir. Ibrahim al-Nakha’i juga berkata, “Sedekah mampu menangkal berbagai macam bencana walaupun pelakunya orang yang zalim.”

5.Menghindarkan Kematian Buruk
Rasulullah Saw. bersabda, “Sedekah dapat menolak kematian yang buruk.”

Imam Ja’far Shadiq berkata, Pada suatu hari orang yahudi lewat dekat Rasulullah Saw., lalu ia mengucapkan, “Assamu‘alaika (kematian atasamu).”
Rasulullah Saw. menjawab, “’Alaika (atasmu).”

Lalu para sahabatnya berkata, “Ia mengucapkan salam atasmu dengan ucapan kematian.”
Nabi Saw. bersabda, “Demikian juga jawabanku.”

Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya orang yahudi ini tengkuknya akan digigit oleh binatang yang hitam (ular dan kalajengking) dan mematikannya. Kemudian orang yahudi itu pergi mencari kayu bakar, lalu ia membawa kayu bakar yang banyak.

Rasulullah Saw. belum meninggalkan tempat itu. Lalu orang yahudi tersebut lewat lagi (belum mati). Maka Rasulullah Saw. bersabda kepadanya, “Letakkan kayu bakarmu.”

Ternyata, di dalam kayu bakar itu ada binatang hitam seperti yang dinyatakan oleh beliau. Rasulullah Saw. lalu bersabda, “Wahai yahudi, amal apa yang kamu lakukan?”

Ia menjawab, “Aku tidak punya pekerjaan kecuali mencari kayu bakar seperti yang aku bawa ini dan aku bawa ini dan aku membawa dua potong roti, lalu aku makan yang satu potong dan satu potong yang lain aku sedekahkan kepada orang miskin.”

Maka, Rasulullah Saw. bersabda, “Dengan sedekah itu Allah menyelamatkan dia.”
Selanjutnya beliau bersabda, “Sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian yang buruk.”

6.Bertambahnya Rezeki
Rasulullah Saw. bersabda:
“Bersedekahlah kalian. Karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.”

7.Bertambah Rasa Keimanan
Imam Ja’far Shadiq berkata:
“Tidaklah sempurna keimanan seorang hamba sehingga ia melakukan empat hal: Berakhlak baik, bersikap dermawan, menahan karunia dari ucapan, dan mengeluarkan karunia dari hartanya.”

8.Penjagaan Allah Sepanjang Hari
Imam Ja’far Shadiq berkata:
“Awali pagi harimu dengan sedekah dan gemarlah bersedekah. Tidak ada seorang mukmin pun yang bersedekah karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah untuk menolak keburukan yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu, kecuali Allah menjaganya dari keburukan apa yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu.”

9.Mengubah Takdir dan Mensucikan Jiwa
Rasulullah Saw. berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib:
“Wahai Ali, sedekah itu dapat menolak takdir mubram (yang telah ditetapkan). Wahai Ali, silahturrahmi dapat menambah umur. Wahai Ali, tidak ada kebaikan dalam ucapan kecuali disertai perbuatan, dan tidak ada sedekah kecuali dengan niat (karena Allah).”

Allah berfirman:
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Taubah:130)

Setelah mengetahui manfaat sedekah yang sangat LUAR BIASA diatas, Semoga kita semua menjadi Umat Islam yang gemar dan cinta sedekah agar hidup kita semakin berkah dan barokah.
Dalam Islam, Sedekah tidak harus berbentuk materi. Ada banyak perbuatan kalau dilakukan ternyata merupakan sedekah. Bahkan mungkin banyak perbuatan yang termasuk sedekah sering kita lakukan sehari – hari dan tidak kita sadari karena begitu luasnya bentuk sedekah.
Salam Sukses Muslim Indonesia

Read More Article