Belajar Kesuksesan Pada Alibaba Group

 Kunci Sukses Alibaba Group

Agar tak penasaran bagaimana cara Jack Ma bisa membangun bisnis Alibaba Group, simak tiga kunci sukses Jack Ma membangun usaha di dunia maya.
Di saat sebagian besar masyarakat China belum mengenal apa itu internet, di tahun 1995 Ma Yun atau yang lebih dikenal para pengguna internet dengan panggilan Jack Ma lebih memilih pergi ke Seattle untuk belajar bisnis di internet.

Mengawali debut karirnya dengan membuat website China Pages, Jack Ma yang dulunya tidak diterima kerja di manapun sekarang ini telah menjelma sebagai pengusaha sukses dan menjabat sebagai Chairman Eksekutif di Alibaba Group.

Siapa sangka dibalik perawakannya yang kecil bahkan sering kali diremehkan karena penampilannya yang kurang meyakinkan, Jack Ma menyimpan segudang prestasi bisnis yang luar biasa khususnya di dunia maya.

Nah, agar tak penasaran bagaimana cara Jack Ma yang notabene hanya seorang mantan guru Bahasa Inggris ini bisa membangun bisnis Alibaba Group hingga mampu bersaing dengan eBay di daratan China, simak tiga kunci sukses Jack Ma membangun usaha di dunia maya.

Mengetahui apa yang kita mau
Sebelum mendirikan Alibaba.com, Jack Ma mengundang 24 orang temannya untuk membicarakan peluang bisnis. Setelah menyampaikan peluang bisnis apa yang Ia mau, 23 orang temannya memutuskan untuk mundur karena tidak yakin dengan kemampuan Jack Ma di bidang internet. Walaupun ditentang oleh orang-orang di sekitarnya, akan tetapi Jack Ma tetap menjalankan ide bisnisnya karena Ia tidak yakin sukses atau tidak bisnisnya namun aka nada pengalaman yang Ia dapatkan untuk mencapai kesuksesan yang Ia inginkan. Terbukti, penolakan dari orang-orang di sekitarnya kini berbuah kesuksesan bagi pendiri Alibaba.com tersebut.

Seseorang miskin karena tidak punya ambisi
Di saat eBay masuk ke pasar China pada tahun 2002, banyak pelaku bisnis e-commerce yang gulung tikar dan memilih mundur dari medan peperangan karena bagi mereka bersaing dengan e-commerce asli Amerika Serikat tersebut merupakan suatu tindakan konyol dan membutuhkan perjuangan sangat besar. Namun, bagi Jack Ma yang ambisinya cukup besar tetap berani dan percaya diri untuk bersaing melawan eBay yang di berbagai negara telah merajai pasar dunia maya. Jack Ma percaya bahwa orang China tidak hanya  butuh teknologi, namun pelanggan juga ingin memiliki kedekatan dan ingin dimengerti kebutuhannya. Terbukti, cara ini berhasil mengantarkan Alibaba.com sejajar dengan eBay di Negara China.

Meski kecil tetapi harus dikelola dengan profesional
Kendati sekarang ini Alibaba Group telah berkembang menjadi salah satu perusahaan raksasa di Negara China, akan tetapi sejak merintisnya Jack Ma selalu berprinsip bahwa bisnis kecil pun harus dikelola dengan system yang baik. Sebab, bila cikal bakalnya saja dikelola dengan system yang buruk, maka pertumbuhannya pun juga akan memberikan hasil yang buruk. Pengalaman seperti ini pernah dialami Jack Ma ketika Ia merintis usahanya. Dulu Ia sempat mengalami kerugian cukup besar karena kecurangan yang dilakukan sang karyawan. Lemahnya pengawasan dan buruknya sistem manajemen di dalamnya, membuat Jack Ma kecolongan dan mendapati kerugian yang cukup cukup besar setiap bulannya.

Semoga ketiga pengalaman Jack Ma dalam mengawali bisnisnya bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi bisnis
sumber. bisnisukm.com

Read More Article