Mengembangkan Dan Memperluas Bisnis Jamur

Strategi Pemasaran Untuk Memperluas Bisnis Jamur


Tingginya minat pasar dan banyaknya jumlah pelaku usaha jamur di pasaran membuat persaingan antar pelaku bisnis semakin hari semakin ketat
   

strategi pemasaranMemutuskan terjun kedalam dunia bisnis memang bukan perkara mudah. Tingginya tingkat persaingan bisnis dan banyaknya pelaku usaha sejenis, membuat sebagian besar pelaku usaha harus berpikir keras untuk memberikan nilai lebih kepada para konsumennya dan terus berinovasi untuk memenangkan persaingan pasar. Hal ini pula yang saat ini dialami para pelaku bisnis jamur dalam menjalankan usahanya. Tingginya minat pasar dan banyaknya jumlah pelaku usaha jamur di pasaran membuat persaingan antar pelaku bisnis semakin hari semakin ketat.

Karena itu untuk membantu para pelaku usaha jamur dalam memasarkan produknya, berikut kami informasikan strategi pemasaran untuk memperluas bisnis jamur.
Penetrasi Pasar

Penetrasi pasar merupakan langkah pertama yang bisa Anda gunakan untuk memperluas pangsa pasar yang sudah ada. Strategi ini bisa Anda lakukan melalui promosi produk jamur secara besar-besaran, sehingga pelanggan tetap Anda bisa mengkonsumsi jamur dengan jumlah yang lebih besar, dan menarik minat konsumen lainnya untuk lebih memilih produk jamur Anda dibandingkan produk milik kompetitor. Dalam menjalankan strategi ini yang terpenting adalah jaga kualitas jamur yang Anda hasilkan, dan berikan harga yang sesuai dengan target pasar yang telah Anda tentukan.

Pengembangan Pasarusaha jamur

Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk untuk melakukan penetrasi pasar, Anda juga bisa merambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini Anda bisa memperluas jaringan distribusi jamur ke daerah-daerah lain yang belum dijangkau pesaing Anda. Misalnya saja dengan melakukan ekspor jamur ke pasar internasional atau memasarkannya ke berbagai penjuru kota dimana banyak warung makan maupun restoran kelas atas yang mulai memanfaatkan jamur sebagai bahan baku utama masakan mereka.

Pengembangan Produk

Selanjutnya para pelaku bisnis jamur juga bisa mengembangkan produk utama mereka menjadi berbagai macam produk baru yang memberikan nilai lebih kepada para konsumen. Jadi Anda tidak hanya menjual jamur segar saja, namun mulai berinovasi dengan menciptakan aneka macam produk baru dari hasil olahan jamur. Misalnya saja dengan mengembangkan hasil budidaya jamur tiram menjadi produk olahan jamur, seperti keripik jamur tiram, jamur crispy, sate jamur, burger jamur, serta masih banyak lagi produk baru lainnya yang bisa Anda ciptakan. Sehingga jangkauan pasar yang Anda miliki bisa semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.

 Diversifikasi Produk

Disamping melakukan pengembangan produk, Anda juga bisa melakukan pemasaran bisnis jamur melalui strategi diversifikasi untuk menarik minat pelanggan baru. Contohnya saja dengan mengadakan pelatihan budidaya jamur, membuka paket wisata agrobisnis jamur, atau membuka restoran serba olahan jamur sebagai salah satu cara untuk memperkuat brand produk Anda di tengah ketatnya persaingan pasar. Strategi ini penting untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk jamur sendiri, serta mengarahkan mereka untuk lebih mengenal manfaat dari jamur, sehingga diharapkan konsumen semakin gemar mengkonsumsi jamur setiap hari.

Gunakan kreatifitas Anda untuk memberikan inovasi baru bagi para konsumen, sehingga bisnis jamur yang Anda jalankan bisa berkembang besar dan banyak dikenal orang. Semoga informasi seputar strategi pemasaran bisnis jamur ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan membantu para pelaku bisnis jamur dalam memasarkan produk-produknya. Selamat berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses.
sumber: bisnisukm.com

Read more Article