Sunday, May 25, 2014

Tips Agar Selalu Produktif

Tips Agar Para Pengusaha Selalu Produktif


Kali ini saya akan membagikan tips sederhana agar para pengusaha selalu produktif. Sebenarnya saya dapatkan tips dan trik ini dari pengalaman hidup saya selama terjun di dunia bisnis. Semoga ini bisa menjadi solusi juga bagi teman-teman pengusaha untuk meningkatkan produktivitasnya dalam membangun usaha.

1. Berinteraksi

Sebagai makhluk sosial tentunya kita hidup melibatkan orang-orang di sekitar kita. Dan ternyata budaya berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita justru memberi banyak ide dan masukan yang terkadang itu terdengar sepele tapi bisa menjadi solusi untuk bisnis kita. Baik itu dari segi ide bisnis , konsep, ataupun solusi dibidang keuangan usaha, dan lain sebagainya.

Saya sering ngobrol dengan penjual burjo atau ibu-ibu yang memiliki warung di sekitar tempat saya, mereka memiliki strategi yang berbeda-beda tentang cara mengatur keuangan usaha, strategi promosi dan lain-lain. Jadi, jangan pernah menutup diri dan meremehkan solusi bisnis yang didapatkan dari lingkungan di sekitar kita.
2. Olahraga

Banyak pengusaha yang hanya memikirkan tentang omset, omset dan omset. Dan pada akhirnya otak menjadi berat, kesehatanpun ikutan ngedrop. Untuk menghindari resiko tersebut, luangkan waktu Anda sekali dalam seminggu usahakan untuk berolahraga. Olahraga yang mengaktifkan semua badan untuk bergerak, atau mungkin hanya sekedar berjalan kaki atau bersepeda juga sangat baik bagi produktivitas otak kita. Sebab, dengan berolahraga kita bisa merefresh otak sehingga tidak monoton hanya untuk fokus pada satu pekerjaan saja.

3. Jangan meremehkan diri sendiri

Saya sering ngobrol dengan beberapa teman saya yang hampir hilang semangat untuk terus maju. Meski memberi semangat kepada seseorang yang sudah hilang gairah semangat bukanlah perkara yang mudah. Tapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Kita hidup sebenarnya sudah diberi modal akal, raga, imajinasi, dan kekuatan lainnya untuk bisa lebih produktif. Hanya saja, kita terlalu terlena dengan hasutan-hasutan yang ada di sekitar kita sehingga kita tidak yakin dengan kualitas diri kita. Karenanya agar bisa tetap produktif usahakan untuk terus berpikir positif dan jangan pernah meremehkan diri sendiri.

4. Bacalah buku apa saja

Buku, selain pedoman dari kitab yang kita miliki. Membaca buku juga sangat perlu. Saya pernah ditegur teman saya karena dia melihat saya aneh, mengambil potongan koran yang jatuh dijalan. Dia geleng kepala ketika saya fokus membaca isi yang ada didalam sobekan koran tersebut. Trus tiba-tiba sorenya, ketika lagi berkumpul dengan teman-teman lainnya, semuanya ngobrol tentang isi yang ada di sobekan koran tadi. Nah, kebetulan sekali sayapun bisa langsung connect dengan pokok pembicaraan yang diangkat, sementara teman saya yang melihat saya mengambil potongan koran tadi hanya bisa diam karena tidak tahu apa yang dibicarakan saya dan teman-teman saya tadi. Dari cerita tersebut dapat disimpulkan bahwa tak ada salahnya bila kita membaca apapun, karena suatu saat pasti akan dibutuhkan.

5. Berbagi

Beberapa bulan terakhir saya sering menjadi silent reader alias pembaca diam-diam. Tepatnya membaca status di social media dan lainnya. Saya sering membaca, contohnya: “Duh, ketika butuh aja datang, trus kalau udah senang malah lupa”, atau “Kasian banget dia, dimanfaatin”. Dan masih banyak lagi. Saya selalu menumbuhkan dalam benak saya tentang “Sebaik-baiknya orang, adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain. “Berbagi” menjadi faktor keberhasilan seorang pengusaha. Berbagi yang tidak hanya bersifat materi juga bisa menjadi daya dongkrak kualitas dari diri pengusaha. Hindarilah berfikir “dimanfaatkan”, namun sebaliknya teruslah berbagi dan berbagi.
Demikian artikel dari saya, semoga tips bisnis ini bermanfaat. “Pray More, Do More“. Salam sukses!
sumber: bisnisukm.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...