Strategi Branding Untuk Meningkatkan Bisnis

Strategi Branding Untuk  Pelaku UKM



Kendala yang sering dihadapi pelaku UKM dalam pemasaran adalah masalah branding produk. Padahal brand produk memegang peranan penting dalam kesuksesan usaha.

Salah satu kendala yang paling sering dihadapi para pelaku UKM dalam hal pemasaran adalah masalah branding produk. Meskipun permasalahan tersebut sering kali dikesampingkan para pelaku UKM, namun kenyataannya brand produk memegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Karenanya, setiap pelaku UKM dituntut untuk bisa lebih jeli dan teliti dalam menentukan brand produknya.

Nah, agar kedepannya Anda tak salah langkah dalam menentukan branding produk. Berikut ini kami informasikan beberapa strategi branding yang wajib dipelajari pelaku UKM sebelum mereka meluncurkan produk baru ke pasaran.
Fokus untuk membangun “killer brand”
Berkaca pada kesuksesan Apple yang menjadi salah satu brand paling terkenal di dunia, tentunya para pelaku UKM bisa belajar banyak mengenai kesuksesan mereka yang lebih memilih menciptakan brand Apple (perusahaan) jauh lebih populer dibandingkan semua produk yang mereka hasilkan (seperti Mac, iPhone, iPad, dan lain sebagainya). Faktanya strategi branding ini memang cukup berhasil, karena sekarang ini brand Apple dan iPhone sama-sama banyak dicari para konsumen.

Keberhasilan strategi branding ini bisa kita bandingkan langsung dengan strategi yang dipilih Research in Motion (RIM) sang pencipta Smartphone Blackberry. Produk smartphone ciptaannya kini lebih dikenal masyarakat luas tanpa banyak yang mengetahui bahwa Research in Motion (RIM) merupakan pencipta produk tersebut. Melihat kasus ini, tentunya kita bisa harus lebih matang untuk membangun killer brand bukan fokus membangun killer product.

 Jawab kebutuhan konsumen dengan brand yang Anda miliki

strategi branding
Dalam menjalankan strategi branding, sebagian besar pelaku UKM berusaha menjelaskan siapa mereka, dan melupakan mengapa mereka menciptakan brand tersebut. Padahal yang dibutuhkan konsumen adalah penjelasan tentang produk ataupun brand tertentu untuk menjawab kebutuhan mereka. Karena itu jelaskan kepada konsumen mengapa Anda menciptakan brand tersebut, dan tekankan visi dan misi yang Anda miliki serta tonjolkan kualitas produk yang ditawarkan agar konsumen yakin dengan merek yang Anda ciptakan.

Menciptakan market baru
Ketika pangsa pasar yang akan Anda bidik sudah cukup sesak, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk masuk ke market tersebut. Alangkah baiknya bila Anda mencari alternatif lain dengan menciptakan market baru untuk memperkenalkan brand bisnis Anda. Namun sebelum menjalankan strategi pemasaran tersebut, Anda perlu memastikan bahwa market yang Anda pilih memiliki pertumbuhan yang menjanjikan, bila perlu lakukan survey pasar untuk mengetahui respon langsung dari calon konsumen.

 Perhatikan hal-hal kecil sebelum menciptakan brand
Terkadang ide sederhana bisa menjadi sesuatu yang luar biasa bila para pelaku UKM memperhatikan hal-hal detail di sekelilingnya. Karena itu sebelum menciptakan atau mengubah sebuah brand, pastikan bila Anda telah memperhitungkan baik buruknya keputusan yang mereka ambil, serta berusaha menyatukan pandangan Anda dengan pola pikir konsumen mengenai brand produk yang Anda pasarkan.

Setelah membahas beberapa tips pemasaran yang mengangkat tentang strategi branding bagi pelaku UKM, semoga kedepannya para pemula maupun pelaku usaha di Indonesia bisa semakin memperkuat brand bisnisnya dan mendatangkan banyak pelanggan setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

sumber: bisnisUKM.com

Read more Article