Menentukan Jenis Bisnis Bagi Pemula

Bisnis Yang Inovatif

Kesulitan yang paling sering dihadapi pemula ketika memutuskan terjun di dunia usaha adalah belum mengetahui bagaimana caranya mencari ide bisnis yang inovatif.

mencari ide bisnis Kesulitan yang paling sering dihadapi pemula ketika memutuskan terjun di dunia usaha adalah belum mengetahui bagaimana caranya mencari ide bisnis yang inovatif. Banyaknya pelaku usaha yang mulai bermunculan di Indonesia, serta beragamnya bidang usaha yang mulai dijalankan para pengusaha, mau tidak mau mendorong kita sebagai pemula untuk bisa kreatif dan inovatif dalam menentukan ide bisnis.
Padahal, ketika kita asal-asalan dalam menentukan ide usaha, resiko kegagalan atau kebangkrutan bakal membayangi masa depan bisnis kita. Karenanya untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, dibutuhkan ide bisnis yang inovatif agar peluang usaha yang Anda jalankan bisa bertahan di tengah ketatnya gempuran persaingan pasar.

Ada beberapa cara mudah yang perlu diperhatikan para pemula untuk mencari ide-ide bisnis yang inovatif.
Atasi ketakutan Anda

Sebagian besar pemula cenderung menghindari ide-ide bisnis yang mereka anggap sulit dan menakutkan. Bahkan tak jarang ketakutan mereka menutup kejeliannya terhadap beberapa peluang bisnis yang sebenarnya cukup potensial. Untuk mengatasi kendala ini, sebaiknya atasi ketakutan Anda dan menjawab ketakutan tersebut dengan cara terjun langsung di bidang usaha yang awalnya Anda hindari. Contohnya saja Anda masih ragu dan takut untuk merintis bisnis jasa laundry online, maka jawablah ketakutan tersebut dengan mencoba merealisasikan ide bisnis yang ada dan lihatlah bagaimana hasilnya satu sampai dua bulan yang akan datang. Bisa jadi ketakutan itulah yang bakal mendatangkan keuntungan besar bagi Anda.
Learning by doing

Ketika Anda telah memiliki ide bisnis yang unik dan inovatif, maka jangan ragu untuk segera merealisasikannya menjadi peluang usaha. Temukan kelemahan, kekuatan, dan strategi-strategi bisnis yang tepat sembari Anda menjalankan bisnis tersebut. Sebab Anda bisa belajar tentang banyak hal, dari aktivitas bisnis yang sedang Anda jalankan.
Amati – Tiru – Modifikasi

Kebanyakan pemula terpaku pada ide bisnis asli. Padahal untuk mendapatkan ide bisnis kreatif, mereka bisa mengamati ide bisnis yang sudah ada di pasaran kemudian menirunya dengan menambahkan modifikasi baru agar ide tersebut bisa lebih unggul dibandingkan ide bisnis yang sebelumnya.
Kira-kira apa ide bisnis yang kini ada di benak Anda? Mulailah dari sekarang dan ciptakan ide bisnis yang besar! Salam sukses.

sumber : majalah bisnisukam.com

Read More Article