Friday, February 14, 2014

Memajukan Usaha Di Kawasan Pantai

Analisis Usaha Cendramata Khas Pantai


KONSUMEN
Target pasar yang bisa Anda bidik adalah wi sat awan  domest i k  maupun  para  tourist mancanegara yang berkunjung ke beberapa objek wisata pantai di Indonesia. Selain itu, belakangan ini  cinderamata  pantai  juga  mulai  diminati  para pedagang  souvenir  di  kota-kota  besar.  Sehingga tidak  menutup  kemungkinan  bila  Anda  bisa menjalin  kerjasama  dengan  para  pedagang kerajinan  yang  menawarkan  beragam  jenis produk  unik  dan  menarik  kepada  seluruhmasyarakat  umum  yang  tersebar  di  seluruh Indonesia. Bahkan sekarang ini permintaan pasar juga  semakin  meluas ke  beberapa  negara  tetangga, sehingga tidak  heran bila kerajinan limbah  kerang dan  cinderamata  khas  pantai  lainnya  kini  mulai diekspor  ke  mancanegara.


INFO BISNIS
Beberapa sumber daya alam dari laut yang bisa  dimanfaatkan  para  pelaku  usaha  untuk menciptakan  kerajinan  khas  pantai  yang  cantik  dan menawan  adalah  aneka  macam  limbah  kerang yang  unik  (cangkang  kerang),  pasir  putih  dari pantai,  rumah  siput  laut,  sisik  ikan,  dan  lain sebagai nya.   Bi asanya  bahan- bahan  t ersebut dikreasikan para pengrajin menjadi berbagai jenis kerajinan unik, seperti misalnya gantungan kunci, kalung,  gelang,  lampu  hias,  kotak  tissue,  pigura hias,  tirai  kerang,  dan  masih  banyak  lagi  produk kerajinan  lainnya  yang  ditawarkan  para  pengrajin.Untuk  membantu  para  pemula  dalam merintis  bisnis  kerajinan  khas  pantai,  berikut  ini kami  informasikan  beberapa  persiapan  khusus yang  perlu  diperhatikan  dengan  baik.Bekali diri Anda dengan pengetahuan dan keahlain  khusus  dalam  mengkreasikan limbah  laut menjadi  kerajinan  daur  ulang  yang  cukup  unik. Anda  bisa  mencari  informasi  tersebut  melalui buku-buku  kerajinan  limbah  atau  browsing  ide dan  informasi  tambahan  melalui  internet.Melakukan  sortasi   bahan  baku,   agar kualitas  produk  yang  dihasilkan  juga  terjamin mutunya.  Sebisa  mungkin  gunakan  bahan  yang masih bagus, dan gunakan bahan baku tambahan (perekat  dan  pewarna)  yang  aman  bagi  konsumen.Memilih lokasi  usaha yang strategis. Salah satu lokasi yang paling potensial adalah di sekitar objek  wisata  pantai  atau  di  tempat-tempatkeramaian  yang  banyak  dikunjungi  wisatawan. Semakin  banyak  wisatawan  yang  berkunjung, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Anda  bidik

KELEBIHAN
Pada  dasarnya  modal  usaha  yang  Anda  butuhkan  tidaklah terlalu  besar,  yang  terpenting  adalah  keterampilan  dan  kreativitas Anda  untuk  bisa  merangkai  bahan-bahan  limbah  pantai  menjadi sebuah  produk  baru  yang  memiliki  nilai  ekonomi  cukup  tinggi. Disamping  itu,  persediaan  bahan  baku  kerajinan  khas  pantai  juga terbilang  cukup melimpah. Anda bisa menjalin kerjasama dengan para nelayan  maupun  masyarakat  umum  yang  tinggal  di  sekitar  pesisir pantai, untuk bisa mendapatkan stok bahan baku yang memadai guna mendukung  kelancaran  proses  produksi  kerajinan  yang  Anda  jalankan

KEKURANGAN
Selain  besarnya keuntungan yang dijanjikan, Dalam menjalankan usaha  kreatif  cinderamata  khas  pantai  ini  ada  beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha. Misalnya saja seperti minimnya  ide  atau  kreativitas  yang  mereka  miliki,  sehingga  model kerajinan yang dihasilkan masih sangat  terbatas  dan kurang bervariasi. Untuk  menyiasati  kendala  tersebut,  sesekali  Anda  bisa  mencari  ide  baru dengan  berkunjung  ke  beberapa  tempat  wisata  pantai  yangmenghadirkan  beragam  jenis  kerajinan  limbah  kerang  dan  lain sebagainya.  Selain  itu,  Anda  juga  bisa  browsing  melalui  internet maupun buku  dan  majalah-majalah lokal  untuk  mencari ide  segar  yang belum  pernah  Anda  praktekan  sebelumnya.

STRATEGI PEMASARAN
Untuk mendukung perkembangan  bisnis  yang  dijalankan,  Anda bisa menggunakan  strategi  pemasaran  dan  promosi  sebagai  berikut:
  1. Membuka kios  atau  toko  kerajinan  di  sekitar  objek  wisata pantai maupun  di  pusat  keramaian  yang  banyak  dikunjungi  wisatawan. Strategi  ini  bisa  Anda jalankan,  karena  setiap  wisatawan menginginkan kenang-kenangan  yang  akan  mereka  bawa  pulang  ke  tempat  asalnya.
  2. Memperluas jangkauan pasar dengan menjalin kerjasama atau menitipkan  produk-produk  unggulan  Anda  di  beberapa  pusat penjualan  souvenir,  cinderamata,  ataupun  toko  oleh-oleh  yang dikunjungi  para  wisatawan.
  3. Untuk  meningkatkan  nilai  jual  produk  kerajinan  yang dihasilkan,  Anda  bisa  melengkapinya  dengan  kemasan  produk  yang menarik.  Hal  ini  penting  agar  konsumen  semakin  tertarik  dengan produk  kerajinan  yang  ditawarkan  dan  omset  penjualan  yang didapatkan  pun  semakin  meningkat  tajam.
  4. Mengikuti   berbagai   macam  event   promosi   yang  bisa membukakan peluang baru bagi perkembangan bisnis Anda. Misalnya saja  mengikuti  berbagai  macam  kegiatan  pameran  kerajinan,  bazar UKM,  dan  lain  sebagainya

KUNCI SUKSES
 Yang  terpenting  dalam  menjalankan  bisnis  kerajinan  khas pantai  adalah  meningkatkan  kreativitas,  keterampilan,  dan  kualitas produk  yang  Anda  hasilkan,  agar  konsumen  semakin  penasaran dengan  produk  yang  di tawar kan,   sehingga  t idak  menutup kemungkinan  bila  bisnis  Anda  bisa  mendatangkan  omset  penjualan yang  cukup  besar  setiap  bulannya.

ANALISIS EKONOMI

MODAL AWAL
Sewa kios per tahun  
Rak gantungan cinderamata 
Etalase cinderamata 
Bahan baku (kerang, lem, pasir pantai, dll) 
Peralatan (gunting, tang, cutter, penggaris)

Rp 10.000.000,00
 Rp 600.000,00
Rp 1.500.000,00
Rp 5.000.000,00
Rp 450.000,00
Total  Rp 17.550.000,00l
Beberapa peralatan dan perlengkapan mengalami penyusutan :
Rak gantungan : 1/36 bln x Rp 600.000,00 
Etalase  : 1/60 bln x Rp 1.500.000,00 
Peralatan  : 1/12 bln x Rp 450.000,00  +
Rp 16.700,00
Rp 25.000,00
Rp 37.500,00
Total penyusutan  Rp 79.200,00
Biaya operasional per bulan
Stok bahan baku
Biaya perlengkapan (kemasan dan alat)
Biaya gaji @ Rp 900.000,00 x 2 orang
Biaya sewa/ bln (Rp 10.000.000,00 : 12)
Biaya promosi (iklan, brosur, pameran, dll)
Biaya listrik dan telepon
Biaya  transportasi
Biaya penyusutan
Rp 5.000.000,00
Rp 2.500.000,00 Rp1.800.000,00
Rp 833.300,00
Rp 2.000.000,00
Rp 600.000,00
Rp  450.000,00
Rp 79.200,00
Total biaya  Rp 13.262.500,00
Omset per bulan
Rata-rata penjualan per bulan sebagai berikut :
Gantungan kunci : Rp 5.000,00 x 300 buah
Perhiasan limbah kerang : Rp 10.000 x 200
Tirai kerang : Rp 25.000,00 x 150 buah
Lampu hias : Rp 30.000,00 x 100 buah
Bingkai foto : Rp 45.000,00 x 75 buah
Kotak tissue : Rp 35.000,00 x 75 buah 

Rp 1.500.000,00
Rp 2.000.000,00
Rp 3.750.000,00
Rp 3.000.000,00
Rp 3.375.000,00
Rp 2.625.000,00+
Total omset  Rp 16.250.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 16.250.000,00 – Rp 13.262.500,00  Rp 2.987.500,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)  ± 6 bulan

SUMBER : MAJALAH BISNISUKM.COM

 Read More Article   

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...