Cara Membangun Brand Produk Sendiri

Membangun Brand  Toko Online Melalui Kemasan Produk

Meski  sampai  saat  ini  kualitas produk  menjadi   poin  utama kesuksesan  bisnis  Anda  di  dunia maya, namun sebagai penjual bukan berarti Anda boleh mengesampingkan carapacking atau  kemasan  produk  yang  Anda  gunakan untuk  membungkus  barang  orderan  para konsumen.
Tampilan  fisik  yang  mereka  lihat pertama kali ketika menerima kiriman paket dari  Anda,  ternyata  cukup  mempengaruhi tingkat  kepuasan  para  pelanggan.  Bila  cara packing  dan  kemasan  produk  yang  Anda gunakan cukup unik dan menarik, tentunya konsumen  akan  merasa  senang  ketikamenerima kiriman paket dari Anda. Dengan begitu,  citra  baik  perusahaan  Anda  mulai terbangun sehingga para konsumen pun tak
sungkan - sungkan untuk melakukan orderan  berikutnya  di  toko  online  Anda. Karenanya,  agar  brand  toko  online Anda   semkin melekat dihati para konsumen,  sebagai  penjual  Anda  perlu memperhatikan  cara  packing  dan  kemasan produk yang digunakan sebelum dikirimkan  ke  para  pembeli.  Berikut  lima  hal penting  yang  perlu  diperhatikan  para pemi l ik  toko  onl ine  ketika  mengemasproduk  orderan  para  konsumen


Ciptakan  ciri  khas  khusus
Untuk  mengenal kan  brand  toko online  Anda  ke  setiap  konsumen,  tentunya Anda harus membuat ciri khas khusus pada kemasan  produk  yang  Anda  gunakan.Dalam hal ini  Anda bisa menggunakan gaya pengemasan  yang  unik  atau  warna  senada secara  konsisten  agar  konsumen  Anda mulai mengenalinya  sebagai  brand  atau  image khusus  bagi  toko  online  Anda

Gunakan  Kemasan  Kardus  yang  Menarik
Selama  ini,  banyak  pelaku  bisnis  toko  online  yang  memilih menggunakan  kardus  bekas  untuk  mengemas  kiriman  paket  yang mereka  kirimkan  ke  konsumen.  Walaupun  cara  ini  memang  cukup murah, namun ada  baiknya  bila  Anda memperhatikan tampilan  paket yang  Anda  kirimkan  ke  konsumen.  Sebaiknya  hindari  penggunaan kardus  bekas.  Namun,  apabila  memang  terpaksa  menggunakan kardus  bekas,  siasati  dengan membalik kardus  yang  ada  tulisannya  ke bagian  dalam,  sehingga  kemasan  yang  terlihat  adalah  kardus  yang polos

Selipkan  kartu  nama toko  online  Anda
Untuk  meningkatkan  loyalitas  konsumen, tak  ada  salahnya  bila  Anda  mencetak  kartu  nama dan  menyelipkan  kartu  nama  tersebut  di  setiap paket yang dikirimkan ke konsumen. Kendati cara ini  terbilang  sepele,  namun  bisa  memperkuat brand awareness  toko  online  Anda  di  mata  para  pembeli

Perhatikan  keamanan  produk
Selain  memperhatikan  tampilan  kemasan yang  di gunakan,   pent i ng  bagi   Anda  untuk menomrsatukan   keamanan produk  yang dikirimkan. Bila memang produk yang dikirimkan rentan  pecah  atau  rusak,  sebaiknya  tambahkan bahan  pelindung  seperti  sterofoam  serta  gambar/ kode  khusus  yang  menginformasikan  bahwaproduk  tersebut  mudah  rusak.  Contohnya  saja seperti  kode/ gambar pecah belah, jangan  diinjak, jangan  ditumpuk,  jangan  dibanting,  dan  lainsebagainya.

Percantik  packaging dengan  aksesoris  tambahan
Penting  bagi  pemilik  toko  online untuk  dapat  mengemas  pesanan  dengan cara yang unik, menarik, dan memberikan kesan  menawan  secara  visual.  Karenanya bagi  Anda  yang  menjual  produk  fashion, pernak- pernik,   da n  produk  estetika lainnya,  taka  da  salahnya  bila  Anda
menambahkan  pita  pengikat,   selotip warna-warni,  dan  stiker  menarik  lainnya sebagai  nilai  tambah  untuk  menaikkan nilai  jual  produk  Anda  di  mata  konsumen.Dari hal-hal kecil yang sebelumnya mungkin  terlihat  sepele,  tidak  menutup kemungkinan  bila  kedepannya  Anda bisa membangun  brand  toko  online  melalui kemas an  produk  dan  meni ngkatkan loyalitas  konsumen  yang  Anda  miliki
sumber: majalah bisnisUKM.com

Read More Article