Mengatasi Kenaikan Harga Pada Bisnis

Tips Menaikan Harga


Meningkatnya harga bahan baku serta tingginya biaya produksi, tak jarang memaksa pelaku usaha untuk menaikkan harga jual produknya.
   
kenaikan hargaMeningkatnya harga bahan baku di pasaran serta semakin tingginya biaya produksi yang harus dikeluarkan para pelaku usaha, tak jarang memaksa pengusaha di sekitar kita untuk menaikkan harga jual produk yang tengah mereka tawarkan.

Kendati tidaklah mudah bagi para pengusaha untuk menaikkan harga jual produk-produknya, namun terkadang keputusan tersebut terpaksa mereka pilih untuk menutupi seluruh biaya operasional yang mereka keluarkan selama proses produksi berlangsung.

Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi seperti ini, berikut kami informasikan tips menaikan harga tanpa harus kehilangan pelanggan Anda.

Sejajarkan nilai produk dengan harga jualnya
Menetapkan harga jual produk memang tidak mudah. Apalagi bila Anda harus mengumumkan adanya kenaikan harga kepada para pelanggan setia Anda. Agar konsumen Anda bisa menerima perubahan harga tersebut, pastikan bahwa nilai produk yang ditawarkan sebanding dengan harga baru yang ditetapkan. Jika Anda bisa menjelaskan adanya perubahan harga dengan baik, niscaya konsumenpun bisa menerima keputusan tersebut dengan tangan terbuka.

Diskusikan dengan pelanggan
Agar konsumen Anda tak terkejut dengan kenaikan harga yang terjadi, ada baiknya bila Anda mendiskusikan terlebih dahulu perubahan yang akan Anda tetapkan. Dengan melibatkan konsumen dalam menentukan harga, maka adanya resiko kehilangan pelanggan bisa Anda hindari dari sekarang. Apabila mereka tidak setuju dengan perubahan yang Anda tetapkan, maka cobalah mencari jalan tengah yang bisa memberikan keuntungan kedua belah pihak.

Informasikan perubahan harga yang baru
Untuk membiasakan pelanggan dengan harga jual yang baru, maka sebaiknya sebarluaskan informasi kenaikkan harga tersebut agar setiap konsumen mulai berasahabat dengan harga baru yang Anda tentukan. Contohnya saja seperti membuat pamflet, katalog, atau brosur dengan harga baru per tanggal/ periode yang telah Anda tentukan.

Ketika Anda menyampaikannya dengan baik, maka konsumen pun tak harus berpaling untuk berpindah ke  pelaku bisnis yang lain. Semoga bermanfaat dan salam sukses!
sumber majalah BisnisUKM.com

Read More Article