Sunday, February 23, 2014

Belajar Bisnis Kreatif Ke Paris Van Java

 Bandung Pusatnya Industri Kreatif

Menjadikan  Kota  Bandung  sebagai salah  satu  kota  kreatif  di  Indonesia tentunya  bukanlah  hal  baru  lagi bagi  masyarakat  di  negara  ini.  Banyaknya kekayaan  alam  yang  tersimpan  di  kota kembang,  dan  tingginya  kreativitas  sumber daya  manusia  yang  berada  di  kota  tersebut, menjadikan Kota Bandung sebagai  barometer pertumbuhan  industri  kreatif  di  tingkat inasional. Tidaklah heran bila berbagai macam
predikat  pun  kini  mulai  bermunculan  dari kalangan  masyarakat,  mulai  dari  kota  besar yang  dikenal  sebagai  pusat  perkembangan mode,  pusat  kreasi  seni  dan  budaya,  pusat jajanan  dan  kuliner,  serta  sebutan  Paris  Van Java yang sekarang ini menjadi salah satu icon tujuan  wisata  di  Kota  Bandung.
Berbatasan langsung dengan Kabupaten  Bandung  Barat  dan  Kabupaten Sumedang  di  bagian  utara,  Kabupaten  Garut dan  Cianjur  di  sebelah  selatan,  Kabupaten Bandung  Barat  di  sisi  bagian  barat,  serta Kabupaten  Garut  di  sebelah  timur,  menjadikan Kabupaten  Bandung  sebagai  salah  satu  kota besar  di  Indonesia  yang  didominasi  oleh daerah  pegunungan.


Namun,   meskipun berada  di   daer ah  pegunungan,   dengan membawahi sekitar  31  kecamatan  yang  terbagi menjadi 277 desa dan kelurahan, sekarang  ini perkembangan  ekonomi   kreat i f   di   KotaBandung  menunjukan  peningkatan  yang sangat  signifikan.Untuk  mengetahui  subsektor  industri kreatif yang  selama  ini menjadi tiang penyangga  pertumbuhan  ekonomi  kreatif  di Kota Bandung,  berikut  ini  kami  informasikan beberapa potensi bisnis  daerah yang belakangan  ini  mulai  berkembang  pesat  di daerah  Ibukota  Provinsi  Jawa  Barat  tersebut.
 

Industri  Fashion 
Tak bisa dipungkiri bila Kota Bandung  sekarang  ini  menjadi  salah  satu daerah  yang  memiliki  potensi  industri fashion  sangat  cerah.  Bahkan  tidak  sedikit pelaku  usaha  yang  sekarang  ini  sengaja memilih bisnisFactory Outlet (FO), Clothing Company  (CC),  maupun  Distro  (distribution store)  untuk  mendatangkan  untung  besar setiap  bulannya.  Di  Kota  Bandung  sendiri, kawasan Dago  menjadi pusat perkembangan  bisnis  fashion  di  daerah tersebut.  Sedikitnya  terdapat  20  tempat outlet  fashion  yang  siap  memanjakan  para konsumen  baik  dari  dalam  kota  maupun luar  daerah.  Saking  kuatnya  daya  tarik kawasan Dago bagi para wisatawan, banyak yang beranggapan bahwa belum mengunjungi  kawasan  Dago  serasa  belum pernah  sampai  ke  kota  Bandung.

Industri  Desain
Tingginya  kreativitas  dan  nilai  seni yang  dimiliki  masyarakat Bandung,  menjadi modal utama bagi mereka  untuk mengembangkan  sektor  industri  desain yang  semakin  tumbuh  subur  di  daerah tersebut.  Terkenal  dengan  sebutan  kota mode,  menjadikan  desain  pakaian  yang diproduksi  masyarakat  Bandung  terbilang cukup  unik  dan  sangat  menarik. Hal inilah yang menjadikan hasil karya desain mojang Bandung  dihargai  cukup  tinggi  oleh  para konsumen.  Bahkan  sekarang  ini  industri desain  tidak  hanya  di butuhkan  para produsen  f ashion,   namun  j uga  mulai merambah  bi sni s  keraj inan,   instrumen teknikal,  desain  jam  tangan,  perhiasan,barang   mewa h,   perlengkapan  rumah tangga,  dan  lain  sebagainya.

Industri  IT
Kemajuan teknologi informasi  saat  ini  begitu  pesat.Fenomena  ini  berimbas  kepadaperkembangan industri kreatif yang berbasis  information  technology,dan  ternyata  sekarang  ini  telah berkembang cukup   pesatdi kawasan  Kota  Bandung.  Belakangan ini  bahkan  Masyarakat  Industri Kreatif  Teknologi,  Informasi,  dan Komunikasi Indonesia ( Mi k t i ) menjalin  kerja  sama  dengan  PT Tel ekomuni kasi   I ndonesi a  Tbk.(Telkom)  untuk  mendirikan  Lembah Digital  Bandung  (Bandung  Digital Va l l e y/BDV)   ya ng  difokuskan nuntuk  mengembangkan  industri  IT lokal.

Industri  Kuliner
Selain memiliki puluhan factory outlet yang tersebar di seluruh  penjuru  daerah,  Kabupaten  Bandung  juga  memiliki potensi  bisnis  kuliner  yang  sangat  beragam.  Dari mulai menu masakan  nusantara  hingga  menu  kuliner  mancanegara,ditawarkan para pelaku usaha untuk memanjakan para pecinta kuliner   di   dae r ah  Bandung  dan  sekitarnya.   Melihatpertumbuhan bisnis tersebut  semakin matang, sebagian pelaku usaha  kuliner  di  Bandung  mulai membentuk sebuah  komunitas pengusaha yang diberi nama Sindikat Kuliner. Sampai hari ini anggotanya  sudah  mencapai  38  pengusaha  yang  memiliki bisnis  kuliner  tersebar  di  penjuru  Bandung,  dan  sama-sama memiliki  visi  besar  untuk  menduniakan  kuliner  kreatif  yang ada  di  Bandung.

Melihat banyaknya peluang usaha kreatif yang terdapat di daerah Bandung, tidaklah heran bila Kota Bandung menjadi gudangnya para pebisnis kreatif dan menjadi salah satu daerah di  Indonesia  yang  ikut  serta  mendukung  pertumbuhanekonomi kreatif di tingkat  nasional. Semoga informasi  potensi bisnis  daerah  yang  kami  angkat  pada  pekan  ini  bisa memberikan  manfaat  bagi  para  pembaca  dan  menginspirasi seluruh  masyarakat  untuk  mulai  berkarya  menciptakanpeluang  usaha.  Maju  terus  UKM  Indonesia  dan  salam  sukses
sumber: majalah bisnisikm.com

Read More Article

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Anda

TIPS USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL

USAHA BISNIS MURAH MINUMAN MILENIAL TIDAK PERNAH ADA MATINYA apa sih yang anda butuhkan di saat udara atau cuaca lagi panas-panasnya. pasti ...